SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berdosakah Meminta Suami Untuk Tinggal Pisah Dari Orang Tuanya?


Akhwat (Palu, Sulawesi Tengah)
7 months ago on Keluarga

Bismillaah, semoga Ustadz di berikan kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Ustadz saya masih satu atap dengan mertua. Sudah sering sekali meminta dengan suami untuk berpisah rumah, tapi suami selalu memilili banyak alasan. Padahal saya sangat tidak nyaman tinggal di rumah mertua ustadz, sebab ada ipar laki-laki saya dan keluarganya juga di rumah ini. Saya sudah sering kedapatan tidak memakai jilbab oleh ipar, saya takut akan merasa biasa saja ustadz kalau selalu kedapatan seperti itu. Ipar dan mertua saya juga seringkali mengambil anak saya, dan di putarkan youtube, dinyanyi-nyanyikan. Saya sudah sering melarang, tapi kalau saya tidak ada mereka sembunyi-sembunyi dan memutarkan youtube untuk anak saya. Setiap saya meminta untuk berpisah rumah, kami bertengkar ustadz. kadang saya memaksa suami saya, dan kadang saya berpikiran untuk minggat saja, tapi saya takut saya berdosa ustadz. Bagaimana kira-kira solusi untuk saya ustadz?
Redaksi salamdakwah.com
7 months ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Perlu difahami bersama bahwa seorang istri berhak untuk mendapatkan tempat tinggal terpisah dan tersendiri, lebih-lebih bila ia merasa terganggu dan tidak nyaman berada di rumah mertuanya. Dalam Ensiklopedi Fiqih Kuwait disebutkan:
Mengumpulkan kedua orang tua (begitu pula kerabat lainnya) dan istri di satu tempat tinggal tidaklah diperbolehkan. Istri juga diperbolehkan untuk menolak bila akan ditempatkan bersama dengan salah satu dari keduanya, sebab berada di tempat tinggal pribadi yang menjadikan seorang istri merasa aman terhadap diri dan hartanya adalah hak dari istri tersebut. Dan tidak ada seorang pun yang boleh memaksanya untuk itu (tinggal bersama keluarga suami.pent). Inilah madzhab mayoritas Ahli Fiqih dari kalangan Ulama' Hanafi, Syafi'i dan Hanbali. Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah 25/109.

Silahkan ini disosialisasikan kepada suami dengan cara yang bijak. Bila suami penanya tetap ingin dekat dengan orang tuanya maka bisa membeli atau mengontrak rumah yang dekat dengan orang tuanya.  Wallahu ta'ala a'lam  

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com