SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Orang Tua Tidak Suka Anaknya Menuntut Ilmu


Akhwat (Yogyakarta )
4 months ago on Aqidah

Bismillah Bagaimana, jika seorang anak perempuan tidak di izinkan ataupun tidak suka anaknya pergi ke majelis ilmu sedanh didalam keluarga tidak diajarkan tentang agama.. Bahkan ketika pergi ke majelis ilmu sering dibilang.. "organisasi apa itu, kayak terorist pake kerudung panjang panjang mukanya gak usah ditutup" sebagai anak hanya bisa diam karena takut jika melawan orang tua :"
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Hukum asalanya kita wajib berbakti kepada orang tua kita. Allah ta'ala berfirman di surat An-Nisa’ ayat 36


وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالا فَخُورًا


Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.

Namun apabila perintah atau larangan orang tua melanggar syariat maka tidak wajib mentaatinya. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


إِنَّمَا الطَّاعَةُ فِي المَعْرُوْفِ


"Sesungguhnya kepatuhan itu hanya pada kebajikan.''

Terkait kasus penanya secara khusus, bila ia memang sudah berusaha maksimal untuk meminta izin ke orang tuanya untuk menghadiri majlis ilmu namun tidak diizinkan maka ikutilah arahan orang tua untuk diam di rumah namun tetap perlu berusaha mendapatkan rekaman kajian, baik itu secara online atau secara manual dengan menitipkan alat perekam kepada yang hadir. Apabila ada pertanyaan dari penanya kepada pemateri maka bisa dititipkan ke kawannya yang hadir, baik itu saat kawan itu masih hadir di majlis atau saat kawan itu hadir lagi di kajian berikutnya

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com