SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Seorang Laki-Laki Meminta Istrinya Mencarikan Istri Baru


Akhwat (Jakarta)
4 months ago on Keluarga

Assalamu'alaikum ustadz saya ibu 2 anak dan sekarang anak saya yang ke 2 usianya baru 23 hari Bagaimana jika suami meminta saya untuk mencarikan istri baru untuknya, saya kira itu bercanda tapi beberapa kali dia memintanya dan dia ingin perempuan tersebut yg akur dengan saya... Saya mengerjakan pkerjaan rumah semuanya sendiri tanpa bantuan suami karna sy tau dia sudah bekerja cuma saya terkadang lelah mnjalani ini... Apa saya harus mencarikan istri baru untuk suami saya meski hati ini belum ikhlas ustadz mohon jawabanya.. . Syukron.. . 🙏🙏
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila memang penanya tidak tahan (didasari rasa cemburu yang tinggi) bila ia mencari istri lain untuk suaminya maka penanya tidak wajib untuk melakukan itu. Secara umum kecemburuan istri (dalam hati) kepada suaminya yang berpoligami itu tidaklah berdosa secara dzatnya. 

Jika seorang wanita tidak ridho suaminya berpoligami karena didasari cemburu semata maka ia tidak berdosa mengingat ia tidak harus ridho dengan perbuatan suaminya yang berpoligami. Tetapi jika: 

- dia keberatan dengan syariat poligami

- atau kecemburuannya mendorong ia berbuat sesuatu yang terlarang seperti tidak mematuhi suaminya 

- atau ia berusaha mencegahnya suaminya berpoligami dengan cara yang haram 

- atau ia menyerang istri lain melalui perkataan atau perbuatan 

maka ia berdosa. https://www.islamweb.net/ar/fatwa/26140/

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com