SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menyikapi Anak Tiri Setelah Menikah


Akhwat (Jakarta)
1 year ago on Keluarga

Assalamualaikum Ustadz jika Ada seorang janda yang memiliki seorang anak perempuan, dan saat ini sedang taaruf dengan seorang duda yang ternyata memiliki anak laki2.. selama masa taaruf, merasa memiliki kecocokan, tp mereka khawatir dengan status anak2 mereka, setelah menikah apa anak perempuan si akhwat dan anak laki2 si ikhwan tersebut menjadi mahrom? kalau bukan mahrom bagaimana mereka menyikapinya agar tidak memberatkan anak nantinya? apa perlu taaruf dilanjutkan atau di sudahi saja? Jazakallahu khairan
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Anak janda dan duda ini status asalnya bukanlah mahrom, namun apabila memang janda dan duda ini sudah cocok maka tidak masalah mereka melanjutkan proses ini, tinggal membuat strategi yang sesuai terkait penempatan anak-anak mereka.

Misalnya ketika menikah direncanakan janda dan duda ini bergantian tinggal di tempat masing-masing (sekian waktu di rumah duda dan sekian waktu di rumah janda) sedangkan anak-anak tetap di rumah sebelum janda dan duda ini menikah, ini bila masing-masing punya rumah. Atau bisa juga bila janda tinggal di rumah duda itu maka anak-anak si janda mengontrak dekat rumah ayah tirinya. Boleh juga anak-anak dari janda dan duda ini berada di satu rumah namun mereka masing-masing punya kamar sendiri dan masing-masing menjaga diri jangan sampai terjadi khalwat atau ikhtilat yang mengantarkan kepada perzinaan serta masing-masing menjaga diri dari perbuatan menampakkan aurat di depan non mahram.

Wallahu ta'ala a'lam 

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com