SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

menggunakan kosa kata yang tertera dalam al quran


Akhwat (Yogyakarta)
1 year ago on Fiqih

boleh tidak menggunakan kosa kata yang tertera dalam al quran? ( sungguh, barangsiapa, celakalah, dll )
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه


Apabila maksud penanya adalah penggunaan kata dalam bahasa Indonesia di atas maka itu hukumnya tidak apa-apa karena kata-kata dalam bahasa Indonesia yang disebutkan itu bukanlah kata-kata dalam al-Qur'an, itu adalah terjemahan dari kata-kata al-Qur'an.

Yang tidak boleh adalah meniru-niru kalimat al-Qur'an atau meniru terjemahannya dengan tujuan untuk merendahkan atau berefek perendahan terhadap al-Qur'an.

Ibnu Taimiyyah menerangkan dalam mukhtashor al-Fatawa al-Mishriyyah:172:

وَلَيْسَ لأحد اسْتِعْمَال القرآن لغير مَا أنزله الله لَهُ ؛ وَبِذَلِك فسر الْعلمَاء الحَدِيث المأثور  ( لَا يُناظر بِكِتَاب الله ) أَي : لَا يُجْعَل لَهُ نَظِير يذكر مَعَه ، كَقَوْل القائل لمن قدم لحَاجَة  لقد جِئْت عَلى قدر يَا مُوسَى ، وَقَوله عِنْد الْخُصُومَة : مَتى هَذَا الْوَعْد ، وَالله يشْهد إِنَّهُم لَكَاذِبُونَ 
ثمَّ إِن خرجه مخرج الاستخفاف بِالْقُرْآنِ والاستهزاء بِهِ : كفر صَاحبه 
وَأما إِن تَلا الْآيَة عِنْد الحكم الَّذِي أنزلت لَهُ ، أَو يُنَاسِبه من الْأَحْكَام : فَحسن ؛ وَمن هَذَا الْبَاب: مَا يبنه الْفُقَهَاء من الْأَحْكَام الثَّابِتَة بِالْقِيَاسِ ، وَمَا يتَكَلَّم فِيهِ الْمَشَايِخ والوعاظ 

Seseorang tidak boleh menggunakan al-Qur'an untuk sesuatu di luar tujuan yang Allah turunkan al-Qur'an karenanya. Oleh karena itu Ulama' menafsirkan hadits yang ma'tsur: 

( لَا يُناظر بِكِتَاب الله )

yakni tidaklah dibawakan saingan al-Qur'an bersamaan dengan al-Qur'an itu sendiri. Seperti perkataan seseorang kepada orang yang datang karena ada keperluan: sungguh engkau telah datang menurut waktu yang ditetapkan Hai Musa

Dan perkataannya ketika ada perselisihan dan permusuhan: kapan janji ini (terwujud.pent), Allah bersaksi bahwa mereka adalah orang-orang yang berdusta.

Kemudian bila seseorang menggunakannya dalam rangka merendahkan dan menghina al-Qur'an maka pelakunya dihukumi kafir.

Adapun bilsa seseorang membaca ayat di saat membawakan hukum yang memang menjadi tujuan diturunkannya ayat atau membawakan hukum yang sesuai dengannya maka ini baik, ini seperti hukum yang dijelaskan ahli fiqih melalui qiyas, dan apa yang disampaikan oleh para guru dan para pemberi nasehat.

Wallahu ta'ala a'lam 

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com