SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menyimpan emas untuk tabungan Haji


Akhwat (Jakarta)
8 years ago

Assalamualaikum WrWb ya Ustadz,

Anna bingung mana yang lebih baik menabung dalam bentuk uang di bank ( ada yang bilang gak boleh karena bunga bank riba), atau dalam bentuk mas. Anna pernah baca menimbun/menabung emas tidak boleh). Benarkah menabung dalam bentuk emas lebih menguntungkan?
Mohon jawaban P. Ustadz

terima kasih

Wasalam
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Islam tidak melarang menimbun harta, termasuk emas secara mutlak, akan tetapi Islam melarang penimbunan tersebut jika pemiliknya tidak menunaikan harta (termasuk emas) yang ditimbunnya. Allah ta’ala berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ كَثِيرًا مِنَ الأحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ (التوبة:٣٤)
Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,
Untuk dalil-dalil lainnya silahkan lihat http://islamqa.info/ar/ref/96115
Jikalau dibandingkan antara investasi dalam bentuk menyimpan emas atau di bank maka tentu saja menyimpan emas lebih baik karena itu halal.
Kalau menginginkan keuntungan yang lebih maka anda bisa menginvestasikan harta anda di pasar modal atau menjadi pemodal untuk orang-orang yang punya kemampuan berdagang baik tapi tidak memiliki modal cukup.
Wallahu a’lam
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com