SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wajibkah suami membayar semua hutang adik kandungnya yg sudah berkeluarga dan berpenghasilan?


Akhwat (Bandung)
2 weeks ago on Keluarga

Saya seorang ibu rumah tangga. Untuk keuangan dipegang semua oleh suami saya. Saya hanya diberi jika memang uang yg diberikan untuk kebutuhan rumah habis. Mungkin bisa dibilang sistem jatah. Setahun belakangan ini suami saya kerja lebih dari biasanya untuk membayar hutang adiknya. Adiknyah sudah punya penghasilan tetap dan berkeluarga. Tapi selalu punya utang yg ga habis2 karena berjudi. Sayah mengerti jika suami saya ingin membantu adiknya. Sayah sendiri tidak tau berapa penghasilan suami sayah dan brapa besarnyah hutang adiknya di luar sana. Sekarang setiap saya minta uang untuk kebutuhan rumah bilangnya slalu tidak ada uang karena uang di fokuskan untuk bayar hutang adiknya yg ga habis2. Dan hal ini yg menjadi sumber pertengkaran kami. Malah saya disuruh kerja untuk membiayai adiknya. Pertanyaan saya apakah wajib suami saya membayar semua hutang adiknya dimana adiknya sendiri sudah menikah dan berpenghasilan tetap? Terimakasih
Redaksi salamdakwah.com
2 weeks ago

 

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Apabila dikatakan bahwa seseorang berhutang untuk kebutuhannya yang halal misalnya beli mobil atau beli rumah mewah maka jelas kakaknya tidak berkewajiban membayar hutang dari orang tersebut kecuali bila si kakak dalam akad hutang piutang menjadi penjamin untuk hutang yang halal tersebut.

 

Terlebih bila faktanya seperti yang disampaikan penanya, di mana suami penanya membiayai hutang adiknya dikarenakan perjudian, maka hutang semacam ini tentu tidak bisa dibebankan kepada suami penanya selaku kakak. Oleh karena itu berilah masukan kepada suami dengan baik dan bijaksana. Penanya tidak wajib untuk mengikuti arahan suaminya yang menyuruhnya bekerja supaya bisa membantu adiknya. Jangan lupa untuk mendoakan adik suami supaya sadar dan jangan lupa mendoakan suami supaya mendapatkan ilmu agama yang bermanfaat.

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com