SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mulut Pahit Saat Puasa, Apakah Harus Dikeluarkan


Akhwat
2 months ago on Ibadah

Assalamu'alaikum Saya ingin tanya soal puasa.. Saat puasa, mulut, lidah dan tenggorokan saya sering terasa pahit. Ada yang bilang bahwa mungkin ini akibat asam lambung. Memang kadang saya merasa seperti ada yang keluar sampai tenggorokan, apalagi saat sendawa, tapi jarang. Sedangkan mulut saya tetap terasa pahit, tanpa ada yang keluar dari perut/tenggorokan, bahkan setelah berbuka puasa. Saya jadi takut menelan ludah atau dahak dan jadi sering sekali meludah atau menahan untuk tidak menelan ludah, kadang bisa 10 menit sekali. Kalau saya menelan dahak atau ludah yang tercampur rasa pahit itu, apakah puasa dan shalat saya batal? Mohon penjelasannya... Wassalamu'alaikum
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Bila memang mengeluarkan ludah secara periodik memberatkan maka tidak apa menelan ludah dengan catatan ludah itu belum keluar ke bibir bagian luar. Ibnu Qudamah berkata:

Fasal: Apa yang tidak mungkin dihindari, seperti menelan air ludah, maka hal itu tidak membatalkan puasa. Karena menghindari hal itu tidak mungkin dilakukan. Sama halnya dengan menghindari debu di jalan atau butiran gandum. Jika orang yang berpuasa dengan sengaja mengumpulkan air ludahnya kemudian menelannya maka hal itu tidak membatalkan puasanya. Karena air ludah yang mengalir ke perut itu juga berasal dari perut. Artinya, dikumpulkan ataupun tidak, air ludah adalah sama saja. Air ludah yang ditelan dengan sengaja tanpa terlebih dahulu dikumpulkan tidak membatalkan puasa. Demikian pula hukumnya, jika dikumpulkan terlebih dahulu. Dikutip dari “Al-Mughni” (3/16). 

An Nawawi –rahimahullah- berkata tentang menelan ludah yang tidak membatalkan:

“Agar menelannya dari tempat asalnya, maka jika sudah keluar dari mulut lalu dikembalikan lagi dengan lidah atau dengan yang lainnya dan menelannya maka puasanya batal”.

Wallahu ta'ala a'lam

 

 

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com