SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah memproses penunjukan notaris untuk perjanjian kredit dan obligasi termasuk dosa riba?


Akhwat (Tangerang)
1 month ago on Riba

Assalamualaikum ustad. Saya ingin bertanya, saya bekerja disebuah perusahaan. Perusahaan saya berencana akan melakukan kredit modal kerja yaitu melalui pinjaman kredit di bank atau lembaga keuangan lainnya dan penerbitan obligasi yang akan digunakan untuk kelangsungan operasional perusahaan. Dalam proses ini perusahaan membentuk tim dimana tim ini bertugas untuk memproses segala keperluan berkaitan dengan pinjaman kredit di bank serta obligasi dan melakukan pemilihan bank yang akan memberikan pinjaman ke perusahaan saya. Tugas saya disini adalah memproses penunjukan notaris dimana notaris ini nanti yang akan membuat akta perjanjian kredit dan akta obligasi. Teknisnya saya yg memproses pemilihan notaris, bernegosiasi dengan notaris, sampai terpilih notaris dan membuat perjanjian kerjasama dengan notaris. Notaris yang terpilih ini nanti akan membuat akta perjanjian kredit dan akta obligasi. Apakah pekerjaan saya dalam memproses penunjukan notaris yang akan membuat perjanjian kredit dan akta obligasi ini termasuk dosa riba dan tolong menolong dalam praktik riba?
Redaksi salamdakwah.com
1 month ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Ya, ini termasuk kegiatan membantu terwujudnya riba, artinya ini termasuk tolong menolong dalam dosa riba. Allah ta'ala berfirman dalam surat al-Maidah ayat 2:


وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ


Dan tolong-menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah kalian tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kalian kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.  

Kami sarankan penanya untuk meminta pemindahan posisi penanya di tempat kerja supaya tidak terlibat hal ini. Cobalah penanya memberikan ide alternatif pembiayaan non riba (bila memungkinakn) supaya perusahaan tidak malah tercekik dengan bunga riba.

Semoga Allah ta'ala memberikan kekuatan kepada perusahaan-perusahaan di negeri ini dan negeri Islam yang lain sehingga ekonomi tidak semakin terpuruk. Wallahu ta'ala a'lam  

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com