SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bila Suami Enggan Sholat


Akhwat (Malang)
1 month ago on Keluarga

Assalamuaikm, saya seorang istri yang memiliki suami yang mudah sekali marah2. Suami saya malas sekali sholat dan sulit untuk bergaul dengan orang lain.. Jika pulang kerja/ pas libur kerjaannya hanya tidur , makan, main game. Ketika saya ingatkan sholat pas dia sedang tidur/main game pasti marah2. Selalu mengancam saya mau ngeplak dan nandangi saya (menganiaya). Bagaimana ini pak? Terimakasih
Redaksi salamdakwah.com
1 month ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Berikut ini petikan jawaban syaikh Ibnu Baz untuk pertanyaan seorang wanita yang suaminya meninggalkan shalat subuh dan berdalih bahwa ia akan mengqodho'nya saat matahari terbit, Suami tersebut juga kadang tidak melaksanakan shalat Jum'at:

فأنت شددي عليه، ولا يقربك حتى يستقيم وإلا فاعتزليه بالكلية، واذهبي إلى أهلك أو في بيت وحدك أنت وأولادك، وأنت أحق بأولادك منه؛ لأن مثلهم يربيهم على الشر، فأنت أولى بأولادك، وعليك أن تستمري في النصيحة لهذا الزوج مع منع نفسك منه؛ حتى يتوب إلى الله، وحتى يرجع إلى الحق، وحتى يحافظ على الصلوات كلها، نسأل الله له الهداية، وأن يمن عليه بالتوبة، ونسأل الله لك المزيد من التوفيق وعظيم الأجر، وأن ينفع بجهودك ودعوتك ونصيحتك، وأن يجعلك مباركة أينما كنت، وأن يهديه لقبول نصيحتك، والهداية بما يعينه على الخير، وبما يعينه على ترك الشر. نعم. 

 

Bersikap tegaslah anda kepada suami anda (dalam masalah shalat ini.pent). Janganlah ia mendekati anda hingga ia istiqomah di jalan yang lurus, bila ia tidak istiqomah maka hindarilah ia secara total, pergilah anda ke rumah keluarga anda atau pergilah ke satu rumah yang anda dan anak anda bisa tinggal tanpa ada suami di situ. Anda lebih berhak mengasuh anak anda dibanding dia mengingat orang seperti dia (suami.pent) akan mendidik mereka dalam keburukan. Anda lebih berhak mengasuh anak-anak anda. Anda wajib terus menasehatinya dengan tetap tidak membiarkan dia menjamah anda sampai dia bertaubat kepada Allah ta'ala, sampai dia kembali kepada kebenaran, sampai dia menjaga shalat lima waktu. Kita berdoa kepada Allah semoga Allah ta'ala memberinya hidayah, semoga Allah memberinya karunia dalam bentuk dia bertaubat. Kami doakan semoga Allah ta'ala memberikan tambahan taufik dan pahala yang besar kepada anda, semoga Allah memberikan manfaat melalui usaha anda dalam mendakwahi dan memberikan nasehat, semoga Allah ta'ala memberikan anda keberkahan dimanapun anda berada, semoga Allah memberi suami anda hidayah dalam bentuk menerima nasehat anda, hidayah yang membantunya untuk melakukan kebaikan dan hidayah yang menjadikannya meninggalkan keburukan.

https://binbaz.org.sa/fatwas/15414/واجب-المراة-تجاه-زوجها-المتساهل-بالصلاة 

Wallahu ta'ala a'lam

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com