SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dosa kah Membuang Kucing?


Ikhwan (Kota Tasikmalaya)
1 year ago on Mu'ammalah

Assalamu'alaikum. Wr. Wb. Selamat siang Ustadz, semoga senantiasa berada dalam lindungan Alloh. SWT dalam melaksanakan segala aktivitas. Saya ingin berkonsultasi mengenai hukum membuang kucing. Sejak tahun 2012 saya memelihara kucing jantan, namun setelah usia kucing tsb Dewasa, sifatnya menjadi berbeda, manjadi agak buas, sehingga saya pun menyimpannya dalam kandang, meskipun setiap hari selalu kami kasih makan. Namun yang menjadi kesalahan saya adalah pada waktu kucing tersebut masih jinak, saya selalu mengurung kucing itu dalam rumah, itu karena rasa sayang saya terhadap kucing tsb takut ada yang mengambil atau beradu sama kucing lain. Tapi akhirnya gara-gara hal tersebut kucing saya jadi tidak bisa bergaul dengan kucing lain dan selalu beradu jika bertemu dengan kucing lain, bahkan cenderung seperti agak buas. Apakah jika saya membuang kucing tersebut ke pasar atau ke lingkungan rumah makan, apakah saya berdosa, sementara hati saya sangat berat untuk melakukannya. terima kasih Wasalamu'alaikum. Wr. Wb
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila anda berniat membuangnya maka anda bisa melakukannya secara bertahap sebagai contoh kucing itu tidak dikurung namun kucing itu dibiarkan di luar kandang, kucing itu dibiarkan keluar rumah dan berjalan kemanapun sebagai latihan mengenal dunia luar kandang, selanjutnya apabila sudah terbiasa dengan dunia luar maka anda bisa membawanya ke tempat yang jauh dan meletakkannya di sana, di tempat yang memungkinkan bagi kucing itu untuk mencari makan.

Apabila kucing itu sangat mengganggu anda ketika dia di rumah maka tidak masalah membuangnya langsung ke tempat yang jauh yang masih memungkinkan bagi kucing itu untuk mencari makanan. Ulama' yang duduk di Komte Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya," ada Seekor kucing betina yang selalu melahirkan anak-anaknya di dalam rumah. Anak-anak kucing tersebut membuat kami resah. Kami membiarkan sang induk bersama anak-anaknya hingga mereka tumbuh besar dan bisa mencari makan sendiri. Ketika sudah besar, anak-anak kucing itu membawa sisa daging dari tong sampah dan mengotori rumah. Saat itu saya langsung mengangkat anak-anak kucing tersebut dan menaruhnya di ujung terjauh sebuah restoran. Yang penting saya menjauhkannya dari rumah. Apakah perbuatan itu salah atau saya berdosa?

Mereka menjawab: Anda boleh membuang anak-anak kucing tersebut agar terhindar dari gangguannya dan, Insya Allah, Anda tidak berdosa.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota
Abdurrazzaq Afifi selaku Wakil Ketua
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah  26/182-183. Pertanyaan ketiga dari fatwa Nomor:9687

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com