SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

salamdakwah.com situs radikal?


Ikhwan (Jakarta)
6 months ago on Aqidah

Assalamualaikum, mohon maaf saya ingin menanyakan sesuatu yang berbau kontroversial. Mungkin informasi ini sudah beredar sejak lama, namun saya baru mengetahuinya belum lama akhir2 ini. Jadi saya menemukan bahwa salah satu ormas merilis sebuah daftar website islam yang dinilai radikal, buruk, anti pemerintah dsb. Dan kebetulan saya menemukan bahwa website ini (Salam Dakwah) juga termasuk salah satu diantaranya. Rasanya ada perasaan tidak terima di hati saya lantaran saya sudah berbulan-bulan menggunakan website Salam Dakwah ini sebagai referensi utama saya untuk mempelajari ilmu Islam. Saya merasa sangat kecewa. Jadi bagaimana tim redaksi Salam Dakwah menyikapi ini? Saya mohon klarifikasinya untuk menenangkan hati saya dari kekecewaan
Redaksi salamdakwah.com
6 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Subhanallah, ini adalah tuduhan keji yang bersumber dari pandangan yang tidak melihat salamdakwah.com secara utuh. Apabila salamdakwah.com dimasukkan ke dalam situs yang buruk, radikal dan anti pemerintah maka itu jelas salah mengingat kami (terutama rubrik tanya jawab salamdakwah) belum pernah mengajarkan keburukan yang disepakati sebagai sesuatu yang buruk dalam norma agama, norma hukum dan norma masyarakat

Kalau salamdakwah dikatakan anti pemerintah maka ini merupakan fitnah yang sangat keji. Tidak sekali dua kali  salamdakwah.com menasehati masyarakat (melalui nukilan tulisan ustadz) untuk taat kepada pemerintah dan tidak memberontak kepada pemerintah. Tidak sekali dua kali di salamdakwah ada hadits tentang ketaatan kepada pemerintah meski pemerintah memukul punggung rakyat dan mengambil harta rakyat. Contohnya hadits Ubadah bin Shamit dengan lafadz:


اسمع وأطع، في عُسرك ويسرك، ومنشطك ومكرهك، وأثرة عليك، وإن أكلوا مالك وضربوا ظهرك

"Dengarkan dan taat ketika susah atau senang, ketika semangat atau tidak, dan ketika pemimpinmu lebih mementingkan dirinya dari rakyatnya, walaupun mereka memakan hartamu dan memukul punggungmu."

Salamdakwah juga menukil hadits untuk bersabar terhadap kebijakan pemerintah seperti hadits:


إنكم ستلقون بعدي أثرة فاصبروا حتى تلقوني على الحوض

"Setelahku nanti kalian akan menemukan atsarah (pemimpin pemimpin yang lebih mementingkan dirinya sendiri), maka bersabarlah sampai berjumpa denganku di telaga haudl." HR. Bukhari dan Muslim

Kalau salamdakwah dikatakan sebagai situs radikal maka coba kita merujuk ke pengertian pemerintah RI tentang radikal di Indonesia:

Tujuan dan target pemerintah terkait penggunaan istilah radikal ini, antara lain, ialah Pertama, ditujukan pada kelompok tertentu yang notabene bermaksud mengganti Pancasila dan UUD 1945 dengan sistem lain, yaitu Sistem Khilafah.

Kedua, istilah ini digunakan untuk menyebut aktivitas politik kelompok tertentu yang bersifat ekstrem, yang bukan saja tak segan menggunakan cara-cara kekerasan, memaksakan kehendak, melainkan lebih jauh bahkan tak jarang juga melakukan praktik terorisme.

Dan terakhir atau ketiga, istilah ini merujuk pada kelompok yang sebenarnya justru memiliki sikap dan nilai-nilai antidemokrasi. https://indonesia.go.id/ragam/budaya/sosial/istilah-radikal-harus-diganti

Kalau istilah radikal versi pemerintah itu yang dijadikan acuan maka sekali lagi kami sampaikan dengan jelas bahwa salamdakwah.com tidaklah seperti yang digambarkan. salamdakwah.com (terutama rubrik tanya jawab) tidak pernah mengajak pengunjung situs untuk mengganti Indonesia ke sistem khilafah sebagaimana yang disebutkan di point pertama. salamdakwah.com tidak melakukan aktivitas politik yang ekstrem seperti yang disebutkan pada point kedua. Kalau dikatakan bentuk anti demokrasi pada point ketiga adalah tidak mengikuti hasil pesta demokrasi seperti pemilu dan pemilukada maka ini juga kebohongan yang nyata karena kami meyakini bahwa wajib bagi kaum muslimin di indonesia untuk taat kepada pemerintah selama itu tidak menyelisihi syariat Islam sebagaimana yang kami sampaikan di atas.

Kesimpulannya adalah salamdakwah tidak seperti yang dituduhkan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak tepat  dalam penilaian sehingga memberikan informasi yang sesat dan menyesatkan tentang salamdakwah.com. Sebagai bukti juga bahwa salamdakwah.com tidak seperti yang dituduhkan adalah hingga detik ini kami belum pernah mendapatkan pemberitahuan dan peringatan dari BNPT atau lembaga pemerintahan lainnya tentang konten salamdakwah.com yang harus dihapus atau dibuang karena bermuatan radikal atau terorisme.    

salamdakwah.com secara umum berterima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia yang telah memberikan kebebasan dan melindungi kaum muslimin untuk menjalankan praktek agama Islam dengan bebas, tenang dan nyaman. Kami berdoa semoga Allah ta'ala melindungi bapak presiden Republik Indonesia (bapak Joko Widodo) dan seluruh jajaran di bawahnya, semoga Allah ta'ala merahmati mereka semua dan semoga Allah ta'ala selalu memberi mereka petunjuk sehingga bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com