SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Perbedaan Mani dan Madzi


Akhwat (Jakarta)
8 months ago on Ibadah

Assalamualaikum, saya ingin bertanya. Bagaimana membedakan air mani dan madzi? Semisalnya sudah tau, tapi tetep bingung. Dan akhirnya memilih pencegahan untuk mandi wajib saja, biar solat sah. Apa di perbolehkan? Terimakasih ustadz
Redaksi salamdakwah.com
8 months ago

 

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuhu

 


Apabila air yang keluar tersebut ciri-cirinya adalah bersifat encer, berwarna putih dan lengket maka itu termasuk madzi yang tidak mewajibkan mandi namun ada konsekwensi lain terkait hal itu. Apabila cairan yang keluar bersifat kental, berwarna putih, keluar dengan disertai perasaan nikmat maka itu adalah mani yang mewajibkan mandi besar. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Arab Saudi pernah ditanya: 
Apa perbedaan antara air mani dan air madzi? Dan air manakah yang diwajibkan mandi karenanya?

Mereka menjawab:
Segala puji hanyalah bagi Allah saja semata. Salawat dan salam semoga tercurahkan kepada Rasul-Nya, kerabat dan sahabat beliau. Amma ba'du:

Pertama, perbedaan antara air mani dan air madzi adalah bahwa air mani laki-laki merupakan air yang kental dan berwarna putih, sementara air mani perempuan merupakan air yang encer dan berwarna kuning. Adapun air madzi adalah air yang encer, berwarna putih dan lengket yang keluar ketika bercumbu, mengkhayal melakukan hubungan intim atau ingin melakukannya, melihat sesuatu yang merangsang syahwat dan lain sebagainya. Ini terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan.

Kedua, air yang menyebabkan wajib mandi adalah air mani, sedangkan jika seseorang keluar air madzi maka diwajibkan membersihkan kemaluan dan kedua testis, berwudu jika ingin melaksanakan salat dan memercikkan air pada badan atau pakaian yang terkena air madzi tersebut.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 5/418 pertanyaan kedua dari fatwa no.4262

PERTANYAAN TERKAIT

© 2018 - Www.SalamDakwah.Com