SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

mandi wajib bagi orang yang telah murtad dan kembali masuk Islam


Akhwat
2 months ago on Aqidah

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Apakah hukum mandi wajib bagi seorang muslim yang telah murtad kemudian masuk Islam kembali? Jika muslim murtad yang kembali masuk Islam ini tidak mandi wajib dia hanya mengucapkan syahadah dan langsung melakukan kewajiban-kewajibannya sebagai seorang muslim, apakah ibadah-ibadah berupa shalat, shaum dan lain-lain tidak sah?
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Untuk keluar dari perbedaan pendapat para Ulama' kami sarankan supaya orang yang murtad itu mandi besar ketika ingin masuk Islam lagi. 
Berikut ringkasan dari penjelasan syaikh Utsaimin:
Ulama’ berbeda pendapat tentang kewajiban mandi besar atas orang yang baru masuk Islam
Ada yang mewajibkan mandi, ada yang mewajibkan mandi jika orang yang mau masuk Islam itu melakukan hal yang mewajibkan mandi saat dia kafir (seperti jima’). Ulama’ lainnya mengatakan tidak wajib mandi atasnya secara mutlaq meskipun dia pernah junub saat dia kafir.
syaikh Utsaimin mengatakan untuk lebih hati-hati maka orang yang masuk Islam hendaknya mandi, kalau dia mandi maka shalatnya sah menurut semua kelompok (lih. Asy-Syarh Al-Mumti’ ala zad Al-Mustaqni’ oleh syaikh Utsaimin juz.1 hal.341-342)
mandi yang dimaksudkan ulama’ di sini adalah mandi besar yang di dalamnya terdapat wudhu.

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com