SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

sholat dalam perjalanan


Akhwat (jakarta)
8 years ago

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

sy ♏ãŮ nanya jika kita dlm perjalanan menggunakan kereta ato mobil yg memakan wkt hingga 17jam,, dlm perjalanan melewati wkt ashar maghrib isya dan subuh.. Bolehkah kita sholat dlm kereta ato mobil pd wktny.. ? Jika tdk boleh bagaimana cara meng-qada nya..

Sebelumny sy ucapkan جَزَاك اللّهُ خَيْرًا atas jawabannya
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

ada pertanyaan semisal yang dilontarkan kepada syaikh Ibnu Baz, berikut terjemahannya:
soal:
Saya sering melakukan perjalanan jauh dengan kereta, waktu perjalanan itu bisa melewati 2 atau 3 waktu shalat, saya tidak mendapatkan tempat shalat di kereta karena sempitnya, maka apakah saya menjama’ shalat-shalat ini secara jama’ taqdim atau ta’khir, atau melaksanakan setiap shalat pada waktunya di tempat duduk saya?

Jawaban:
Wajib bagi anda dan penumpang muslim lainnya untuk melaksanakan shalat pada waktunya. Dan mereka boleh menjama’ Dhuhur dengan Ashar, Maghrib dengan Isya’ di waktu salah satu dari keduanya jika mereka dalam keadaan bersafar. Mereka wajib melaksanakan shalat sebisa mereka, baik dalam keadaan berdiri atau duduk.
Seandainya mereka tidak bisa melakukan gerakan ruku’ atau sujud maka mereka mengisyaratkan itu dengan menjadikan sujud lebih rendah daripada ruku’.
Majmu’ Fatawa Ibnu Baz juz.30 hal.192

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com