SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bekerja di Tempat Yang Ada Kemungkarannya


Akhwat (Pekalongan )
5 months ago on Fiqih

Assalamualaikum ustadz, saya ingin bertanya kedua orangtua saya membuka usaha baru di rumah kami yang mana didalamnya terdapat hal hal yang dilarang dalam agama, seperti,musik dan ikhtilat. Dan mereka menyuruh saya untuk bekerja ( menjaga) di tempat tersebut atau berjualan di luarnya bagaimana saya menyikapinya ustadz?
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila penanya diberikan opsi antara menjaga tempat usaha yang di situ ada musik dan ikhtilat dan opsi kedua berjualan di luar tempat tersebut maka jelas kami sarankan penanya untuk memilih opsi kedua di mana penanya bisa mengontrol supaya tidak terjadi pelanggaran syariat di tempat dia berjualan. Ini bila penanya memang tidak punya wewenang untuk mencegah kemungkaran di tempat usaha tersebut.

Meski penanya tidak memiliki wewenang untuk mencegah kemungkaran tersebut maka kewajiban menasehati orang tua tetap perlu dilakukan supaya kemungkaran itu hilang atau paling tidak menjadi lebih ringan. Jangan lupa mendoakan orang tua supaya mereka mendapatkan petunjuk dari Allah ta'ala sehingga mereka menghilangkan kemungkaran di tempat usaha mereka.  Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ


Barang siapa melihat suatu kemungkaran, maka ubahlah dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka ubahlah dengan lisannya. Jika tidak mampu, maka ubahlah dengan hatinya. Dan itu adalah selemah-lemahnya iman. HR. Muslim no.49

Secara umum kami ingin sampaikan bila seseorang bekerja di tempat yang ada kemungkarannya (seperti musik-musik yang merusak akhlaq) maka ia tidak boleh ikut membantu terjadinya kemungkaran itu. Apabila dia membutuhkan pekerjaan itu maka ia boleh tetap bekerja di tempat itu dengan catatan ia tidak ikut membantu kemungkaran. Namun dia perlu untuk menjauh sebisa mungkin dari kemungkaran itu (seperti mendengar musik-musik itu) sambil terus mencari info lowongan pekerjaan yang bersih dari kemungkaran. Jangan lupa untuk berdoa dan menasehati pemilik tempat usaha atau pihak yang berwenang supaya kemungkaran itu hilang.

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com