SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Shalat Taubat


Ikhwan (Bandung)
1 year ago on Fiqih

Kapan afdhal nya shalat Taubat
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Sepengetahuan kami shalat taubat dikaitkan dengan perbuatan seseorang, yaitu seseorang yang telah melakukan dosa, sebagaimana disebutkan dalam salah satu riwayat shahih,  Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ، ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ، إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ


Tidaklah seorang hamba berbuat suatu dosa, kemudian dia bersuci dengan baik, kemudian dia melaksanakan shalat dua raka’at, berikutnya dia memohon ampunan kepada Allah ta’ala kecuali Allah akan mengampuninya. HR. Abu Daud no.1521. dishahihkan oleh Al-Albani

Kami belum mengetahui bahwa shalat taubat terikat dengan waktu tertentu sehingga bila masuk waktu tersebut shalat taubat disyariatkan dan bila tidak berada di waktu itu tidak disyariatkan. Bagusnya seseorang yang telah melakukan dosa perlu segera bertaubat kepada Allah ta'ala dan ia dianjurkan melaksanakan shalat taubat dengan harapan dia diampuni dosanya oleh Allah ta'ala segera sebelum malaikat maut menjemput.

Fakta yang perlu kita ingat-ingat lagi adalah bahwa kematian datangnya tidak ada yang bisa memastikan waktunya sehingga termasuk perbuatan yang buruk dan tidak logis bila seseorang sengaja menunda taubat kepada Allah ta'ala karena memperkirakan waktu hidupnya masih ada atau waktu hidupnya masih cukup panjang. 

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com