SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Makmum tidak tahu jika Imam shalat musafir


Ikhwan (Pasuruan)
6 months ago on Ibadah

Assalamu'alaikum, saya mau bertanya. Ketika adzan berkumandang saya ke masjid untuk shalat berjamaah. Usai wudhu saya lihat ada gerombolan orang yang shalat berjamaah di teras masjid dan saya tahu saat itu masjid belum mengumandangkan iqamah. Karena saya ada keperluan mendesak, akhirnya saya ikut shalat berjama'ah mengingat iqamah dari masjid masih agak lama. Kondisi saat itu saya tidak tahu imam sampai dirakaat berapa karena saya masbuk. Kemudian imam sampai di duduk tawaruk, karena saya belum sempurna raka'at, saya duduk iftirasy. Imam kemudian salam, saya berdiri. Tapi kemudian imam takbir lagi diikuti makmum yang lain. Tidak tahunya mereka shalat musafir. Dalam kondisi ragu, saya meneruskan shalat sampai sepurna raka'at. Bagaimana status shalat saya?
Redaksi salamdakwah.com
6 months ago

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuhu

 

Shalat nya muqim menjadi makmum dari orang yang safar tidak masalah. Apabila musafir nya melaksanakan shalat dengan cara mengqashar maka makmum yang muqim tidak ikut salam bersamanya, namun makmum menyempurnakan shalat nya. Bila makmum mengikuti dari awal shalat qashar nya imam sehingga makmum melaksanakan shalat dua rakaat bersama imam maka setelah imam salam makmum berdiri untuk menambah dua rakaat. Apabila makmum mendapatkan satu rakaat maka dia menambah tiga raka'at sendiri. Ibnu Quddamah menerangkan:

" أجمع أهل العلم على أن المقيم إذا ائتم بالمسافر , وسلم المسافر من ركعتين , أن على المقيم إتمام الصلاة

Ulama' bersepakat bahwa orang yang muqim bila menjadi makmum musafir kemudian musafir salam dari shalat dua raka'at maka makmum harus menyempurnakan raka'at shalat nya. Al-Mughni 264

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2018 - Www.SalamDakwah.Com