SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dokumen Negara Berbeda Dengan Fakta


Akhwat (Mojokerto)
1 year ago on Keluarga

Saya perempuan. Saya lahir dari ibu yang menikah dengan ayah A secara sah. Setelah beberapa Tahun bercerai. Kemudian menikah dengan ayah B. Waku iu saya gk punya Akte. Karena waktu mendesak dan urusannya terlalu rumit. Akhirnya akte saya diatas namakan Ayah B. Padahal ayah Kandung saya ayah A. Kemudian bagaimana saya nanti kalau saya nikah. Secara agama ayah saya ayah A. Tapi secara tertulis dalam dokumen negara dan hampir seluruh ijazah saya mencantumkan ayah B. Mohon penjelasannya.
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

بسم الله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Bila memungkinkan maka penanya perlu merubah dokumen yang salah dalam penasaban diri mengingat hukum asalnya tidak boleh kita menasabkan diri kepada selain ayah. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari ‘Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam:

مَنِ ادَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيْهِ أَوِ انْتَمَى إِلَى غَيْرِ مَوَالِيْهِ فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللهِ وَالْمَلاَئِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ لاَ يَقْبَلُ اللهُ مِنْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَرْفاً وَلاَ عَدْلاً 

Barangsiapa yang menasabkan diri kepada selain ayahnya  atau bersandar ke yang bukan walinya, maka laknat Allah, juga para Malaikat dan semua manusia menimpa mereka, dan pada hari Kiamat, Allah tidak akan menerima dari mereka, baik yang fardhu maupun yang sunnah.”

Apabila menjelang akad nikah tidak bisa dirubah maka diceritakan yang sesungguhnya kepada penghulu dari KUA kemudian ayah kandung dipanggil dan ia diminta untuk memberikan perwalian nikah kepada penghulu tersebut. Selanjutnya penghula yang akan menikahkan. Dengan begitu diharapkan hukum nikahnya tidak bermasalah.

Selama ada kesempatan dan masih memungkinkan (bahkan setelah pernikahan) maka penanya perlu berusaha untuk merubah dokumen-dokumen yang tidak tepat dalam menasabkan diri penanya. Semoga Allah ta'ala memudahkan penanya untuk terus berbuat bai dan memperbaiki apa yang salah. 

Wallahu ta'ala a'lam

 

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com