SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menghajr Orang Yang Bertaubat


Ikhwan (Magelang)
2 months ago on Mu'ammalah

Assalamu'alaikum. Ustadz saya baru mengenal manhaj salaf sejak 2019. Saya ingin belajar di masjid-masjid, tapi orang-orang sudah terlanjur memusuhi saya karena kesalahan dan dosa saya di masa lalu. Jika saya ke masjid untuk mencari ilmu, saya hanya mendapat sindiran. Apakah boleh kalau saya mencari ilmu melalui sumber lain selain mendatangi majelis ilmu?
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Di saat-saat sekarang di mana pandemic wabah Covid-19 terjadi dan masjid-masjid tidak sedikit yang dihentikan kegiatannya untuk sementara waktu maka penanya bisa ikut kajian online dan ada kemungkinan cukup besar bahwa penanya tidak dikenali di kajian online mengingat peserta kajian online kadang bukan dari satu daerah. Apabila tenyata nama penanya sudah dikenal buruk di satu negara misalnya maka penanya ketika ikut menuntut ilmu di kajian online bisa memakai nama kunyah misalnya Abu Abu Abdillah dst, ini bila penanya tidak tahan dengan sindiran netizen. Apabila penanya bersabar dan tetap menggunakan nama asli maka ini juga boleh, dan bisa jadi menjadi inspirasi bagi yang lain untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Ketika pandemic sudah selesai maka penanya bisa mencari masjid lain untuk menuntut ilmu, yakni masjid yang jamaahnya tidak mengenal penanya, ini bila penanya tidak tahan dengan sindiran orang yang kenal penanya di masjid tertentu, kalau penanya bersabar dan tetap menuntut ilmu di masjid yang jamaahnya mengenal penanya maka ini juga boleh. 

Secara umum apa yang dilakukan oleh orang-orang yang menyindir penanya karena masa lalu penanya adalah suatu kesalahan, kalau penanya mampu maka ia bisa mensaheti orang yang menyindir itu, kalau belum mapu maka penanya bisa menginfokan kepada narasumber untuk memberikan masukan kepada jamaah terkait tidak boleh mem "bully" orang yang ingin kembali kepada Allah ta'ala.

Semoga Allah ta'ala memberikan rizki istiqomah kepada penanya dan kepada kita semua.

Wallahu ta'ala a'lam       

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com