SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tentang puasa nazar


Ikhwan (Tangerang)
1 month ago on Ibadah

Assalamualaikum ustazd. Saya ingin bertanya Wajibkah saya melaksanakan puasa nazar. Puasa nazar saya adalah jika saya mendapatkan undian sepatu saya akan melaksanakan puasa dihari kamis namun saya salah melihat hari yang saya tentukan puasa nazar tersebut. Apakah saya wajib atau tidak melaksanakan puasa nazar tersebut atau menggantinya dihari yang sama?
Redaksi salamdakwah.com
1 month ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Apabila penanya berucap apabila saya mendapatkan sepatu maka saya wajib berpuasa untuk Allah sebagai bentuk nadzar atau kata kata yang semacam itu maka berarti penanya telah bernadzar melaksanakan sesuatu ketaatan yaitu berpuasa, dan nadzar ketaatan harus dilaksanakan sebagaiamana yang dinadzarkan. Rasul shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


مَنْ نَذَرَ أَنْ يُطِيعَ اللَّهَ فَلْيُطِعْهُ، وَمَنْ نَذَرَ أَنْ يَعْصِيَهُ فَلاَ يَعْصِهِ


"Barangsiapa bernadzar untuk menaati Allah, hendaknya ia menaati-NYA, dan barangsiapa bernadzar untuk bermaksiat kepada-Nya, maka janganlah ia perturutkan untuk bermaksiat kepada-NYA. HR. Bukhari no.6696 dan diriwayatkan oleh yang lainnya.

Dengan demikian bila salah hari berpuasa maka harus diulang sesuai dengan hari yang ditentukan dalam nadzarnya. Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com