SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bertawassul Dengan Peninggalan Orang Sholeh


Ikhwan (Jakarta)
2 weeks ago on Aqidah

Mohon penjelasan dari Hadist Muslim No. 3855 dimana hadist tersebut dijadikan hujjah untuk bertawassul menggunakan barang peninggalan orang takwa yang sudah meninggal. Hadist tersebut berbunyi "Sesungguhnya orang yg memakai kain sutera, niscaya ia tak akan mendapat bagian di akhirat kelak.' Oleh karena itu, saya khawatir kalau-kalau sutera pada kain itu termasuk bagian darinya. Sedangkan mengenai pelana sutera yg berwarna merah tua, maka ketahuilah bahwasanya itu adl kasur 'Abdullah yg ternyata berwarna merah tua.' Lalu sayapun kembali kepada Asma' binti Abu Bakar, untuk memberitahukan kepadanya tentang informasi yg telah saya peroleh. Tak lama kemudian ia memperlihatkan kepada saya sebuah jubah kekaisaran yg berwarna hijau & berkerah sutera, sedangkan kedua sisinya dijahit dgn sutera seraya berkata; 'Hai Abdullah, ini adl jubah Rasulullah.' Setelah itu, ia meneruskan ucapannya; 'Jubah ini dahulu ada pada Aisyah hingga ia meninggal dunia. Setelah ia meninggal dunia, maka aku pun mengambilnya. Dan dahulu Rasulullah sering mengenakannya. Lalu kami pun mencuci & membersihkannya untuk orang sakit agar ia lekas sembuh dgn mengenakannya. [HR. Muslim No.3855] "
Redaksi salamdakwah.com
2 weeks ago

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Hadits tersebut shahih dan memang boleh mengambil berkah dari barang yang tersentuh oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bila memang terbukti bahwa barang tersebut pernah disentuh oleh Nabi  shallallahu alaihi wa sallam.

Namun keutamaan ini sifatnya khusus untuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dengan dalil ini tidak dilakukan pada barang-barang dari orang sholeh dari kalangan salaf. Silahkan melihat jawaban sebelumnya di http://www.salamdakwah.com/pertanyaan/5199-mengharap-barokah-dari-barang-nabi

PERTANYAAN TERKAIT

© 2018 - Www.SalamDakwah.Com