SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Antara Istri Dan Orang Tua


Ikhwan (Bogor)
7 months ago on Keluarga

Assalamualaikum ustadz Saya ingin cerita sedikit Saya berkunjung kerumah orang tua saya, lalu orang tua saya cerita dirumah tidak ada kendaraan untuk mengantar adik saya yg paling bontot kelas 3 SD untuk berangkat sekolah, slalu meminjam ke tetangga jika ingin mengantar, disini posisi saya dan istri mempunyai motor masing masing untuk bekerja, sekarang kondisi istri saya sedang mengandung dan setiap pulang dan berangkat kerja slalu saya antar, saya meminta ijin untuk meminjam motor istri saya untuk dititipkan di orangtua saya agar bisa digunakan oleh orangtua saya untuk antar jemput adik saya, namun istri tidak mau dengan alasan ia keluarga besar dan gamau jadi bahan omongan, menurut saya walaupun ia keluarga besar tapi kami sudah berumah tangga dan memiliki kehidupan sendiri, seharusnya seorang istri mengijinkan meminjamkan motor nya untuk digunakan orangtua saya karena dirumah kami pun tidak digunakan, menurut ustadz bagaimana yg harus saya lakukan?
Redaksi salamdakwah.com
7 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Sebenarnya perlu diperinci motor yang ingin dipinjamkan itu milik siapa. Apabila itu milik suami maka suami itu berhak untuk meminjamkan ke orang tuanya meski istri tidak setuju karena itu hak suami sebagai pemilik.

Tapi apabila motor itu milik istri maka (menurut pendapat yang kuat) istri tidak boleh dipaksa untuk meminjamkan karena itu milik istri dan dia berhak untuk meminjamkan atau tidak. Dalam kitab al-Iqna' disebutkan bahwa 'ariyah (peminjaman) hukumnya mandub (dianjurkan).

Wallahu ta'ala a'lam 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com