SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Meminjam uang karna menutupi aib


Akhwat (Bandung)
1 year ago on Riba

Assalamualaikum, saya mau bertanya apakah saya berdosa karna meminjam uang kepada orang yg membunga kan pembayaran nya, misal saya pinjam 500rb namun yg harus di bayar 600rb . Sebenarnya saya tidak pernah pinjam² uang seperti itu, namun saya terpaksa karna saya sudah berusaha pinjam kepada sodara tidak ada yg bisa bantu saya .apakah boleh juga saya pinjam uang dengan cara seperti itu karna sangat terpaksa terlebih jika saya terus memaksa meminta bantuan pada sodara teman dll itu hanya akan membuka kan aib rumah tangga keluarga kecil saya yg selama ini saya tutup² i tentang kesusahan kami selama ini. Ya kami menutupi aib rumah tangga kami dari orangtua, sodara dan orang lain .
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Kami tidak bisa memberikan jawaban yang sifatnya terperinci karena keterangan di pertanyaan sangat terbatas. Secara umum seseorang boleh hutang dengan sistem ribawi bila dalam keadaan mendesak sekali seperti seseorang yang butuh uang untuk membayar tenaga medis yang hanya menerima uang dan tidak menerima BPJS. Apabila tindakan medis ditunda kemungkinan besar akan berefek hilangnya nyawa atau rusaknya organ vital sedangkan kala itu yang bisa menyediakan uang tunai hanya rentenir atau fintech ribawi. Kala itu boleh berhutang ribawi dengan catatan saat mampu segera dibereskan dan tidak boleh ditunda-tunda. Kejadian ini masuk ke dalam kaidah:

الضرورة تبيح المحظورات

 

Keadaan terdesak berefek pembolehan sesuatu yang haram

Namun kaidah ini tidaklah mutlak karena ada kaidah lain yang membatasi bolehnya melanggar yang haram sekadar hilangnya keterdesakan itu dan tidak boleh melebihinya. Kaidah itu bunyinya:

الضرورة تقدر بقدرها

 

 

Bila yang dimaksud oleh penanya adalah ia berhutang riba hanya karena malu aib yang sifatnya bila terbuka tidak berefek sebagaimana yang disebutkan diatas maka tidak boleh berhutang ribawi. Misalnya seseorang sudah terjerat hutang fintech ribawi yang bila tidak dibayar maka pihak debt collector akan menginformasikan kepada keluarga dan teman orang tersebut bahwa dia punya hutang. Maksudnya bila tidak berhutang riba untuk menutup hutang sebelumnya maka efeknya hanya malu saja maka seperti ini tidak boleh melanggar aturan riba yang dijelaskan dalam syariat, Untuk kasus seperti ini tetap perlu penyelesaian tapi tidak harus melanggar syariat. Wallahu ta'ala a'lam

   

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com