SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Suami tidak shalat


Akhwat (Bandung)
6 months ago on Keluarga

Assalamualaikum..maaf saya mau bertanya , apakah saya wajib mentaati suami saya padahal dia tidak pernah shalat ? Apakah boleh saya meminta cerai ? Jika saya sedang mengaji, kemudian dia minta di ambilkan makan, apakah saya salah jika saya marah karena merasa terganggu pada saat mengaji ? Mohon pencerahannya yaa ustad/ustadzah .. terimakasih .. wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatu ..
Redaksi salamdakwah.com
5 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

 

Syaikh Utsaimin rahimahullahu ta'ala pernah ditanya (terhjemahannya):

 

Apabila suami tidak melaksanakan shalat sedangkan istrinya melaksanakan shalat ataupun sebaliknya maka bagaimana sikap pihak yang melaksanakan shalat terhadap pihak yang tidak melaksanakan shalat?

 

Beliau menjawab:

 

Apabila suami tidak melaksanakan shalat sama sekali, baik itu di masjid ataupun di rumah maka pendapat yang kuat dari pendapat-pendapat ulama' adalah ia kafir, keluar dari agama Islam, ini didasari dalil dari al-Qur'an, Sunnah dan perkataan sahabat. Dalil dari al-Qur'an adalah firman Allah ta'ala terkait orang musyrik:

 

فإن تابوا وأقاموا الصلاة وآتوا الزكاة فإخوانكم في الدين

"Jika mereka bertaubat, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu ) adalah saudara saudara kalian seagama.” ( QS. At Taubah, 11 )

 

Sedangkan dari sunnah disebutkan

 

 

بين الرجل وبين الشرك والكفر ترك الصلاة؛

“Perbedaan antara orang (muslim) dengan orang kafir dan musyrik adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim)

 

 

Hadis dari Buraidah bin Hashib radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة ، فمن تركها فقد كفر

“Perjanjian antara kami dengan mereka adalah shalat. Siapa saja yang meninggalkannya maka dia kafir.” (H.r. Ahmad, Abu Daud, Nasa’i, Turmudzi, dan Ibnu Majah)

 

Abdullah bin Syaqiq Al ‘Uqaili mengatakan:

 

لم يكن أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم يرون شيئا من الأعمال تركه كفر غير الصلاة

“Dahulu para sahabat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tidak memandang ada amalan yang bisa menyebabkan kekufuran jika meninggalkannya, kecuali shalat” (HR. At Tirmidzi no. 2622, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)

 

 

Berdasarkan hal ini maka wajib dipisahkan antara suami yang tidak shalat dengan istri yang melaksanakan shalat

 

فَاِنْ عَلِمْتُمُوْهُنَّ مُؤْمِنٰتٍ فَلَا تَرْجِعُوْهُنَّ اِلَى الْكُفَّارِ ۗ لَا هُنَّ حِلٌّ لَّهُمْ وَلَا هُمْ يَحِلُّوْنَ لَهُنَّ

jika kalian telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman maka janganlah kalian kembalikan mereka kepada orang-orang kafir (suami-suami mereka). Mereka tidak halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tidak halal bagi mereka. https://www.youtube.com/watch?v=5BdjsDv0e-k

 

Saran kami kepada penanya nasehatilah suami anda dengan cara yang baik dan bijak disertai doa yang tulus semoga Allah ta'ala memberikan hidayah kepada suami. Bisa menasehati secara langsung atau melalui orang lain yang dia hormati. Apabila dia bertaubat maka alhamdulillah. Apabila tidak mau bertaubat dan terus meninggalkan shalat maka silahkan mengajukan cerai.

 

Semoga Allah ta'ala memberikan kemudahan bagi anda dan kaum muslimin untuk meniti syariat Allah ta'ala  

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com