SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Setelah Sholat Subuh Kembali Tidur


Ikhwan (Bogor)
1 week ago on Ibadah

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Ustadz, saya mau bertanya tentang masalah tidur. Bolehkah saya tidur kembali setelah sholat malam dan sholat subuh seling beberapa jam saya kembali tidur, dikarenakan saya mulai berkerja siang hari untuk memunggu jam kerja apa boleh saya tidur dulu agar nanti saya tidak mengantuk saat beraktifitas. Bagaimana Ustadz untuk penjelasannya?
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuhu

Terkhusus tidur pagi setelah shalat subuh ada yang tidak menyukai ini. Urwah bin Zubair menerangkan:

 كان الزبير ينهى بنيه عن التصبح ( وهو النّوم  في الصّباح ) ،  قال عروة : إني لأسمع أن الرجل يتصبح فأزهد فيه

Dahulu Zubair Ibnu Al Awwam melarang anak-anak nya untuk tidur pagi .

Urwah bin Zubair menerangkan: apabila aku mendengar tentang orang yang tidur pagi maka aku tidak tertarik terhadapnya. Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah 5/222 no.25442

Namun bila memang tidak ada waktu lagi untuk tidur kecuali pagi setelah melaksanakan kewajiban dan supaya siangnya bisa giat bekerja maka itu tidak apa-apa. Ibnu Abi Syaibah juga membawakan riwayat Abu Yazid al-Madini, beliau berkata:

غدا عمر على صهيب فوجده متصبّحاً ، فقعد حتى استيقظ ، فقال صهيب : أمير المؤمنين قاعد على مقعدته ، وصهيب نائم متصبّح  فقال له عمر : ما كنت أحب أن تدع نومة ترفق بك . 

Suatu hari Umar Ibnul Khattab pergi menuju shuhaib yang ternyata kala itu didapatai  sedang tidur pagi maka Umar pun duduk hingga Shuhaib bangun tidur. Lantas Shuhaib berkata:" Amirul Mukminin duduk di tempatnya sedangkan Shuhaib tidur pagi"

Umar berkata: Aku tidak ingin mengganggu tidur yang bisa bermanfaat untukmu. Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah 5/223 no.25454

Apabila anda mampu mengusahakan untuk tidak tidur pagi dengan aktifitas positif dengan tetap menjaga stamina maka itu bagus dan diharapkan bisa mendapatkan keberkahan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda:

«اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا»

Ya Allah berkahilah ummatku di pagi harinya. HR. Abu Daud no.2606; Tirmidzi no.1212; Ibnu Majah no.2236 dan yang lainnya

Wallahu ta'ala a'lam

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com