SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Cara taubat ketika terlanjur memasuki gereja saat peribadatan


Akhwat (Jakarta)
5 months ago on Ibadah

Waktu itu teman saya meminta saya untuk mengantar nya beribadah ke gereja, awalnya saya menolak tapi akhirnya saya mengantar dia ke gereja dan duduk di dalam gereja melihat orang-orang ibadah. Sekarang saya benar2 menyesal karena tidak berpikir panjang bagaimana hukum nya dalam islam akan hal itu. Apa yang harus saya lakukan? Bagaimana cara nya saya bertaubat karena dosa itu? Apakah dosa saya tidak akan diampuni walaupun saya benar2 menyesal?
Redaksi salamdakwah.com
5 months ago

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Idealnya seorang muslim tidak memasuki gereja mengingat adanya patung patung dan gambar gambar di dalamnya. Imam Bukhari dalam kitab shahihnya (1/167) meriwayatkan perkataan Umar radhiallahu anhu

إنا لا ندخل كنائسكم من أجل التماثيل التي فيها الصور

“Kami tidak akan masuk gereja-gereja kalian karena patung-patung yang di dalamnya terdapat rupa (patung makhluk bernyawa).”

Apabila tidak ada patung dikhawatirkan seorang muslim akan terpengaruh dengan pengagungan dan penyembahan kepada selain Allah ta'ala

 

Yang perlu penanya lakukan adalah tidak lagi melakukan itu dan tidak mengantar seseorang ke tempat peribadatan agama lain. Tidak masalah membantu non muslim dan menolong mereka, bahkan itu termasuk kebaikan, namun tidak boleh untuk membantu mereka untuk beribadah kepada selain Allah ta'ala. Kita menjaga toleransi tapi tidak sampai melampaui batas.

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com