SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Aqiqah


Akhwat
9 years ago

Assalammualaikum ustadz,saya ingin bertanya tentang bagaimana sebaiknya aqiqah diberikan.apakah daging kambingnya di masak dulu baru dibagikan kepada keluarga, teman, sedekah.atau boleh diberikan saja kambing nya dan uang untuk memasaknya kpd panti asuhan dan kita mengambil bagian dari daging kambing mentah tersebut untuk keluarga kita ? Syukron ustadz untuk jawabannya
Redaksi SalamDakwah
9 years ago

wa alaikummussalam. sebaiknya hewan aqiqah disembelih oleh orang yang punya hajat,kalau tidak mampu maka dia mewakilkan ke orang lain sedangkan dia menyaksikan penyembelihan supaya dia menghayati pendekatan diri kepada Allah ta'ala melalui penyembelihan,berikutnya dia memakan sebagian dari daging aqiqah tsb.inti dari ibadah ini adalah pendekatan diri kepada Allah dengan menyembelih hewan aqiqah,adapun masalah pembagian dagingnya itu adalah perkara sekunder. kalau anda menyerahkan uang ke orang yang mengurusnya tanpa tahu prosesnya dan tanpa memakan sedikitpun dagingnya maka ini termasuk kesalahan.jika anda memberikan uang ke panti kemudian mengambil sebagian daging maka ini menyelisihi tujuan dari pensyariatan ibadah ini seperti yang saya sebutkan diatas.
kalau anda ingin menyumbang ke panti asuhan maka berikan uang atau yang lain yang berguna bagi mereka,bukan dengan mencampur ibadah.
kalau orang yang punya hajat menyembelih sendiri hewan aqiqah kemudian dia ambil sebagian dan sisanya diberikan ke panti asuhan maka itu tidak apa.
untuk lebih jelasnya silahkan download fatwa syaikh Utsaimin rahimahullah di link berikut
http://audio.islamweb.net/audio/index.php?page=FullContent&audioid=111360

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com