SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

wali anak diluar nikah


Akhwat (Bandung)
5 months ago on Keluarga

apakah benar anak perempuan diluar nikah tidak boleh di walikan ayahnya. karena ada 2 pendapat ada yg bilang boleh ada yg bilang tidak boleh.. mana yg betul ustad?
Redaksi salamdakwah.com
5 months ago

 

Anak yang dihasilkan dari hubungan di luar pernikahan dinasabkan kepada Ibunya (menurut pendapat yang kuat) dan bukan kepada ayah biologisnya. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah menerangkan:
Kedua, anak-anak hasil perbuatan "kumpul kebo" berstatus sebagai anak zina yang nasabnya dihubungkan kepada ibu, bukan kepada laki-laki yang menjadi ayah biologisnya. Ini menurut pendapat ulama yang terkuat, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,

الوَلَدُ لِلْفِرَاشِ وَلِلْعَاهِرِ الحَجَرُ

"Anak adalah hak pemilik tempat tidur (suami). Sedangkan bagi lelaki pezina, dia tidak memiliki hak atas anaknya." HR. Bukhari no.6818 dan Muslim no.1458 dan yang lainnya Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 22/25 pertanyaan kelima dari fatwa no.6575

Ketika anak perempuan lahir dari hubungan diluar pernikahan kemudian ia tumbuh besar dan ingin menikah maka penguasalah yang menjadi walinya sebab ia tidak memiliki wali dari nasab (sebagaimana disebutkan sebelumnya). Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

فَالسُّلْطَان ُ وَلِيُّ مَنْ لَا وَلِيَّ لَهُ.

“Penguasa adalah wali nikah bagi perempuan yang tidak memiliki wali nikah” HR. Abu Daud no.2083 dan Tirmidzi no.1102 dan Ibnu Majah no.1879. Dishahihkan oleh al-Albani.

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com