SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Rumah di Makassar dan Bekerja di Jakarta


Ikhwan (Jakarta)
1 week ago on Fiqih

Assalamualaikum ustad, saya saat ini mencari nafkah di jakarta, rumah dan keluarga saya tinggal di makassar...status safar saya di jakarta atau di makassar ustad ?
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila di Jakarta anda sudah niat mukim berbulan-bulan (dalam setahun) untuk bekerja dan sebagian bulan anda gunakan untuk liburan di Makassar maka anda dihitung bersafar saat anda di perjalanan antara dua tempat tinggal itu saja, adapun bila telah sampai salah satu rumah maka statusnya tidak bersafar lagi. Berikut ini penjelasan Komite Tetap Fatwa dan Riset Ilmiah di Arab Saudi berkaitan dengan pertanyaan semisal yang kami terjemahkan:

Jika kenyataannya seperti yang telah disebutkan, dimana dua rumah yang dimiliki dijadikan tempat tinggal (dengan berpindah tinggal secara rutin dalam jangka waktu tertentu.pen) maka tidak boleh baginya untuk mengambil rukhsoh safar (seperti mengqoshor sholat dan selainnya.pen) saat ia berdiam di salah satu daerah dari dua daerah (di mana dua rumahnya berada.pen).
Ia berhak untuk mengambil rukhsoh safar ketika ia sedang di perjalanan antara dua daerah jika jarak antara dua daerah adalah jarak yang membolehkan seseorang untuk mengqoshor.
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah I 8/147-148 Riasah Idarah al-Buhuts al-Ilmiah wa al-Ifta' Riyadh
 

Wallahu ta'ala a'lam

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com