SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Orangtua yang kasar


Akhwat
1 week ago on Keluarga

Orangtua saya cenderung berbicara dgn nada kasar kpd anak2nya, sedangkan disaat berbicara dgn org lain selalu sopan. Apakah berdosa bila saya sebagai seorang anak menegur orang tua yg biasa bicara membentak kepada anaknya?
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Apabila faktanya seperti yang anda sampaikan maka ada masukan dan nasehat kepada orang tua yang perlu disampaikan, baik secara langsung atau melalui lisan orang lain.

Ketika anak mendakwahi orang tuanya dia harus tetap lembut dan menghormati orang tuanya. Allah ta'ala telah menegaskan aturan bermuamalah dengan orang tua. Allah ta'ala berfirman dalam surat Al-Isra' ayat 24:


وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا


Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

Ayat ini memerintahakan kita untuk merendahkan diri dihadapan orang tua kita dan menghormatinya, bahkan apabila mereka memerintahkan kita berbuat pelanggaran syariat kita tetap diminta mempergauli mereka dengan baik. Allah ta'ala berfirman dalam surat Luqman ayat 14 dan 15:


وَوَصَّيْنَا الإنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ


14. dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

15. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
 
Untuk lebih jelasnya sebaiknya kita meruju' kepada kisah dakwah Nabi Ibrahim kepada ayahnya yang tidak beriman dalam surat Maryam


قَالَ أَرَاغِبٌ أَنْتَ عَنْ آلِهَتِي يَا إِبْرَاهِيمُ لَئِنْ لَمْ تَنْتَهِ لأرْجُمَنَّكَ وَاهْجُرْنِي مَلِيًّا (٤٦)قَالَ سَلامٌ عَلَيْكَ سَأَسْتَغْفِرُ لَكَ رَبِّي إِنَّهُ كَانَ بِي حَفِيًّا


46. berkata bapaknya: "Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, Hai Ibrahim? jika kamu tidak berhenti, Maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama".

47. berkata Ibrahim: "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Rabbku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku.

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di menafsirkan ayat yang menunjukkan respon Nabi Ibrohim terhadap sikap keras kepala ayahnya padahal sudah didakwahi:

Maka alkholil (Ibrahim.pen) menjawab dengan jawaban hamba Allah ketika berbicara dengan orang yang tidak mengetahui. Beliau tidak mencelanya dan tidak meresponnya dengan sesuatu yang tidak disukai, akan tetapi beliau bersabar. Beliau mengatakan:


سَلاَمٌ عَلَيْكَ


Anda akan selamat dari celaanku yang tidak Anda sukai.


سَأَسْتَغْفِرُ لَكَ رَبِّي إِنَّهُ كَانَ بِي حَفِيًّا


Aku tetap mendoakan Anda supaya mendapat hidayah untuk memeluk Islam dan supaya Anda mendapat maghfiroh sehingga Anda mendapat ampunan.
Taisir Al-Karim Ar-Rahman Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di hal.494

Intinya tetaplah si anak menyampaikan kebenaran dengan cara yang baik dan menghormati tanpa merendahkan mereka dan tanpa membentak-bentak mereka meskipun mereka memiliki pandangan yang salah.

Untuk metode dakwah kepada keluarga silahkan membuka pembahasan sebelumnya di link: http://www.salamdakwah.com/baca-pertanyaan/mendakwahi-keluarga.html


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com