SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Orang Tua Meminta Dinafkahi Saat Dia Sedang Hamil


Akhwat (Balikpapan)
10 months ago on Keluarga

Assalamualaikum ustadz, Saya seorang wanita yg bekerja meski sdh menikah untuk menafkahi orangtua dan adik saya. Akan tetapi saat hamil saya memutuskan berhenti bekerja, otomatis saya tidak bisa menafkahi mereka lagi. Akan tetapi orangtua tetap berharap saya membantu mereka, keinginan saya juga begitu ustadz. Saya usahakan semampu saya, tapi dalam keadaan ini, saya juga memerlukan biaya lebih sehingga saya tidak bisa lagi membantu. Orangtua saya marah karna hal tsb, apakah saya berdosa dan termasuk anak durhaka ustadz? Mohon penjelasannya. Terima kasih Wassalamualaikum.
Redaksi salamdakwah.com
10 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila kondisi fisik anda tidak memungkinkan bekerja maka anda tidak berdosa ketika tidak bisa menafkahi keluarga anda karena berbakti kepada orang tua itu terikat dengan kemampuan. 

Para Ulama’ Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifa’ ditanya, ‘

 هل يجوز للإنسان أن يرسل والديه إلى الحج قبل أن يذهب هو إلى الحج؟

Apakah seseorang diperbolehkan mengirim (uang) kepada kedua orang tuanya untuk melaksanakan haji sebelum dia berangkat melaksanakan haji?

Mereka menjawab

الحج فريضة على كل مسلم حر عاقل بالغ مستطيع السبيل إلى أدائه، مرة في العمر. وبر الوالدين وإعانتهما على أداء الواجب أمر مشروع بقدر الطاقة، إلا أن عليك أن تحج عن نفسك أولا، ثم تعين والديك إن لم يتيسر الجمع بين حج الجميع، ولو قدمت والديك على نفسك صح حجهما

Haji adalah kewajiban kepada setiap orang Islam, merdeka, berakal, baligh, mampu di perjalanan dalam melaksanakannya. Sekali seumur hidup. Sementara bakti kepada kedua orang tua termasuk perkara yang dianjurkan sesuai kemampuan. Kecuali dia harus melaksanakan haji untuk dirinya terlebih dahulu. Kemudian membantu kedua orang tuanya. Kalau tidak mudah untuk menggabungkan semuanya untuk haji. Maka kalau sekiranya mendahulukan kedua orang tuanya daripada dirinnya untuk haji, maka hajinya sah. Wabillahi at-taufiq. Selesai ‘

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (ketua)
Abdurrazzaq Afifi (wakil ketua)
Abdullah bin Qu'ud (anggota)

Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 11/70-71 pertanyaan kesepuluh dari fatwa no. 4765

Mungkin bisa dipertimbangkan, anda melakukan jual beli online atau usaha lain semisal yang tidak memerlukan banyak tenaga. Semoga Allah ta'ala mudahkan niat baik anda membantu orang tua.

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com