SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dilarang Menikah Karena Calon Istri Seorang Janda


Akhwat (MedAn)
1 week ago on Keluarga

Assalamualaikum ustad.saya seorng janda .ustad sudah 7!thin saya pacaran dengan laki laki lajang.perbedaan usia kami 2 thn lbh tua saya.diawal pcaran saya snagt dwkT dwngan ibunya.satbitu ibunya blm tau saya seorng janda.tp saya selalu bilng kenpcar saya, ayolah bilng ke mama kl saya janda.kl pun mama gak suka kt masih bisa berusaha.tp dia bilng iru urusan saya.tibalahpacar say ingin melamar say dn dia jujur ke ibunya bwah say janda.dn ada penolakan yg cukup keras.sampai satu wKtu saya minta mundur dari hubungan ini.tp dia minta saya menggu sampe umur saya 35 thn.dn sampe skrng kami mah pacaran.ustad yg saya pertnyakan apakah berdosa menikahi seorng janda? Apakah berodosa menikah tanpa restunorng tua? Ustad apakah sehina ketidak sukaan orng tuanya seorng janda?
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Yang perlu anda lakukan segera adalah bertaubat dan berhenti dari berpacaran, mengingat pacaran itu hukumnya terlarang dalam syariat. Silahkan melihat jawaban sebelumnya di link berikut http://www.salamdakwah.com/baca-pertanyaan/pacaran-1.html

Selanjutnya anda perlu menuntut ilmu agama dengan sungguh-sungguh supaya lebih tahu apa yang dibolehkan dalam syariat dan tidak, serta supaya lebih kuat keimanannya.

Berilah nasehat laki-laki tersebut untuk bertaubat dari hubungan pacaran dan nasehat untuk memperdalam ilmu agama. Apabila anda sudah bertaubat dan menjadi baik serta laki-laki itu juga demikian maka tidak masalah sama sekali bila anda menikah. 

Sebenarnya hukum asalnya tidak apa-apa menikah dengan janda yang usainya lebih tua. Bila orang tua laki-laki menentang hanya karena status janda yang anda sandang maka alasan itu bukanlah alasan syar'i untuk menentang pernikahan, mengingat kita tahu bahwa Rasul shallallahu alaihi wa sallam menikah dengan beberapa istri yang status mereka adalah janda. Meski demikian laki-laki itu selayaknya tidak lelah dalam menasehati orang tuanya memberikan persetujuan bila memang anda berdua layak menikah. Jangan lupa untuk selalu meminta kepada Allah ta'ala supaya membuka hati orang tuanya sehingga mereka memberikan izin.

Jangan tinggalkan shalat istikharah supaya anda bisa mendapatkan pasangan hidup yang baik menurut Allah ta'ala.

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com