SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Seseorang selalu membantu orang lain tetapi tidak melaksanakan sholat


Akhwat (Jakarta)
2 years ago on Mu'ammalah

Assalamu'alaikum ustadz, sy memiliki seorang teman yg alhamdulillah dia memiliki kelebihan materi dibanding saya sendiri. Tidak jarang dia membantu teman2 atau orang di sekelilingnya dengan materi yg ia miliki, namun teman sy tersebut tidak pernah sholat. Meski ia kadangkali beristigfar atau mengucapkan "Allahu Akbar" tapi ia tetap tidak menjalankan sholat. Bagaimana hukumnya ustadz ? Apakah amalan baik yg teman sy lakukan adl sia-sia ? Jazzakallah khair
Redaksi salamdakwah.com
2 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Terima kasih atas kepercayaan dan kunjungannya ke salamdakwah.com. Semoga Allah ta'ala mudahkan kita beramal baik selalu. Kembali ke pertanyaan yang disampaikan, apabila orang itu tidak pernah shalat sama sekali maka bila dia tidak bertaubat serta mati dalam keadaan demikian maka celakalah dia.

Syaikh Utsaimin rahimahullahu ta'ala (wafat 1421 H) pernah ditanya tentang seseorang yang tidak melaksanakan shalat namun dia melakukan perbuatan-perbuatan baik, maka bagaimana hukumnya?

Orang yang melakukan kebaikan, bersedekah, bagus dalam bermuamalah, bagus dalam akhlaq, menyambung tali silaturrahim dan perbuatan baik lainnya namun dia tidak melaksanakan shalat, bila demikian maka itu semua (kebaikan-kebaikan itu) tidak bermanfaat sama sekali di sisi Allah. 


(وَقَدِمْنَا إِلَى مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُوراً)


Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan. [al-Furqân; 23].

Allah ta'ala juga berfirman


(وَمَا مَنَعَهُمْ أَنْ تُقْبَلَ مِنْهُمْ نَفَقَاتُهُمْ إِلَّا أَنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَبِرَسُولِه


“Dan tidak ada yang menghalangi untuk diterimanya infaq-infaq mereka, melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mereka tidak mengerjakan sembahyang melainkan dengan malas, dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan.” (At Taubah: 54).


Meskipun infaq-infaq tersebut manfaatnya menyebar ke orang lain namun itu tidak diterima oleh Allah ta'ala karena mereka kufur kepada Allah ta'ala. Dan setiap orang kafir betapapun besar perbuatan baiknya maka itu tidak bermanfaat di sisi Allah ta'ala.

...Orang yang meninggalkan shalat maka tidak halal sembelihannya meski dia membaca basmalah kemudian mengalirkan darah. Sembelihannya dihukumi sebagai bangkai yang jelek. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 12/110-111 

Nasehat kami kepada kawan dari orang tersebut untuk menasehati orang tersebut supaya dia kembali ke ajaran Islam dan tidak melalalalikan shalat lagi. Wallahu ta'ala a'lam

 

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com