SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berbakti Kepada Orang Tua Setelah Menikah


Akhwat (Temanggung)
2 years ago on Aqidah

Assalamu'alaikum Ustad.. bgmn kah cara sya untuk tetap bisa mengasihi orang tua, ketika sya sdh menikah dan ikut dengan suami?
Redaksi salamdakwah.com
2 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Seorang wanita berkewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tuanya baik itu sebelum menikah atau setelah menikah. Namun ketaatan kepada suami lebih ditekankan bila tidak ada titik temu antara ketaatan kepada suami atau ketaatan kepada orang tua.

Seharusnya suami istri saling membantu pasangannya untuk berbakti kepada orang tuanya masing-masing, sehingga tidak terjadi benturan.

Wanita yang telah menikah bisa melanjutkan bakti kepada orang tuanya diantaranya dengan cara:

- melakukan kunjungan rutin kepada orang tuanya dengan izin suaminya,

- memberikan tunjangan keuangan rutin kepada orang tuanya bila orang tuanya membutuhkan dan wanita itu juga memiliki penghasilan sendiri, apabila wanita itu tidak memiliki penghasilan sendiri maka dia bisa melobi suaminya untuk memberikan tunjangan kepada orang tuanya. Bila suaminya penghasilannya pas-pasan maka istri bisa meminta izin kepada suami untuk bekerja sesuai dengan aturan kerja yang syar'i bagi wanita bila memang orang tuanya sangat membutuhkan tunjangan materi. Contoh kerja yang bisa dilakukan adalah jual beli online yang dikendalikan dari rumah saat seorang wanita selesai dari keajiban rumah tangganya. 

- tidak membebani orang tua dengan masalah rumah tangga yang dihadapi oleh wanita tersebut.

Dan banyak amalan baik lainnya yang bisa dilakukan kepada orang tua.

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com