SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Istri Melarang Ibu Mengunjungi


Ikhwan (Banyuwangi)
2 months ago on Keluarga

Assalamualaikum ustad. Saya pnya istri dan anak, dan tinggal bersama orang tua istri saya , Ibu saya sering menyuruh saya untuk bermain krumah ibu saya , dan istri saya tdk mau ustad kalo ibu saya maen dulu krumah , saya bingung mau bagaimana ustad , mohon solusinya ustad. Trimakasih
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

Waalaikumussalam warahmatullahi wa barakatuhu

Apabila istri anda tidak punya alasan syar'i untuk melarang ibu anda main ke rumah maka apa yang istri lakukan adalah kedholiman karena dia menghalangi anda berbakti kepada orang tua anda.

Istri dan suami seharusnya berbuat baik ke mertuanya serta membantu pasangan nya untuk berbakti kepada orang tua nya. 

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya:
Apakah termasuk hak suami yang wajib atas istrinya: Istri bermuamalah dengan baik dan berbakti kepada mertuanya bila keduanya bukn orang muslim? Perlu diketahui bahwa itri tinggal dengan suaminya di tempat tinggal yang terpisah dari keluarga suami. Istri mengunjungi kedua mertuanya berkali-kali. Berilah kami fatwa semoga Allah memberi Anda balasan kebaikan.

Mereka menjawab:
Bermuamalah dengan baik merupakan sesuatu yang dituntut dari seorang muslimah baik itu terhadap kedua mertuanya atau yang lain, namun bermuamalah dengan baik kepada kedua mertuanya lebih ditekankan sebab hal itu termasuk pergaulan yang baik dan membantu suami untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 19/265-266 pertanyaan ketiga dari fatwa no.18280 

Apabila istri dholim seperti itu maka suami menasehatinya dengan cara yang bijak supaya keadaan membaik dan hubungan istri serta ibu anda membaik.

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com