SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Siksaan suami terhadap istri


Akhwat (Bandung)
3 years ago on Keluarga

Assamualaikum.. Saya dewi mau bertanya.. Saya sudah menikah dan keadaan rumah tangga mertua saya sedang tidak baik. Saya cerita dari awal saja ya.. Ibu mertua saya cerita. Dulu mungkin sekitar 10tahun yg lalu(saat suami saya masih kecil) ayah mertua saya itu kerja di Kalimantan, dan dulu ayah mertua sempat selingkuh di sana. Tidak hanya itu, banyak sekali hal2 menyimpang yg ayah mertua perbuat, sampai berhubungan dengan kaka ibu mertua saya. Ibu mertua saya orangnya sabar sekali, dia jarang cerita masalah rumah tangganya ke orang2 terdekat bahkan keluarga.. bahkan dulu sebelum saya menikah dgn suami saya, saya seneng liat ibu&ayah mertua yg harmonis. Padahal ada banyak sekali masalah yg ibu mertua saya selalu tutupi dari orang2.. Sampai suatu ketika ibu mertua saya cape dengan sifat ayah mertua, disaat yg bersamaan ada teman ibu mertua saya yg sangat perhatian, pengertian, bahkan rela lakukan apapun untuk ibu mertua saya. Saya pikir wajar saja kalau ibu mertua lebih nyaman dengan temannya ini, tapi jangan salah kira sikap ibu mertua ke ayah mertua itu gak pernah berubah, walaupun sudah ada lelaki yg lebih care sama ibu mertua, tapi ibu mertua ttep melayani ayah mertua. Dan tanpa diketahui sebelumnya, ayah mertua saya itu telah menyadap HP ibu mertua saya, sampe suatu haru ketahuan lah ibu mertua saya sedang chatting dengan temannya. Berawal dari situ kira2 pertengahan thn 2017 sampai sekarang ayah mertua selalu menyiksa ibu mertua. Bahkan sampe ngancam akan membunuh ibu mertua. Ibu mertua sudah berulang kali minta pisah, tapi ayah mertua gak mau dan malah terus menyiksa. Tidak hanya menyiksa fisik, ayah mertua juga selalu menuduh ibu mertua. Yg sekarang ibu mertua takutkan itu karna ayah mertua selalu mengancam akan membunuh ibu mertua. Saya bisa saja lapor polisi, tapi masalahnya orang2 luar rumah gak ada yg tau kalo si ayah mertua selalu mengancam. Yg tau hanya keluarga ibu mertua, saya, suami saya saja.. Pak ustadz/bu ustadzah.. apa yg harus saya lakukan, saya sangat kasian sama ibu mertua saya setiap hari harus selalu ketakutan karna berhadapan dengan ayah mertua saya.. Tolong jawabannya segera yaa..
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apa yang dilakukan oleh bapak mertua anda adalah kesalahan, diantara dalilnya adalah firman Allah Ta’ala di surat An Nisa ayat 19

{وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا } 

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kalian tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kalian tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” 

Bapak mertua anda tidak mempergauli istrinya dengan patut karena dia selalu melakukan kekerasan kepada istrinya tanpa perhitungan dan pemikiran yang matang. 

Yang bisa anda lakukan adalah menasehati bapak mertua anda supaya memperbagus muamalah dengan istrinya dan anda juga menasehati ibu mertua anda untuk menghentikan komunikasi dengan teman laki-lakinya karena hubungan itu bisa mengarahkan kepada zina dan bisa mengarahkan kepada perceraian. Apabila anda tidak mampu menasehati mereka secara langsung maka anda bisa meminta tolong orang yang perkataannya didengar dan ditaati oleh keduanya supaya dia mau menasehati keduanya, seperti mungkin pemuka agama setempat dan yang lainnya.

Apabila bapak mertua anda tidak sadar meski sudah dinasehati berkali-kali maka boleh bagi istrinya untuk meminta cerai karena kekerasan yang membahayakan jiwa termasuk dalam hal yang membolehkan istri meminta cerai kepada suaminya.

Muhammad bin Ibrohim at-Tuwaijiri menerangkan diantara sebab yang dengannya seorang wanita boleh meminta talak dari suaminya:

1. Apabila suami lalai dalam memberi nafkah

2. Jika suami menimbulkan mudhorot untuk istri yang karenanya menjadikan hubungan suami istri tidak bisa berlangsung seperti selalu mencelanya, memukulnya, menyakitinya dan istri tidak mampu menahannya atau memaksanya berbuat mungkar atau semacamnya.

3. Bila istri terkena mudharat karena tidak hadirnya suami dan ia pun khawatir terkena fitnah karena itu.

4. Jika suaminya ditahan untuk waktu yang lama dan istri merasa terkena mudharat karena terpisah dengannya

5. Bila wanita mendapati ada aib yang berat seperti mandul, tidak mampu untuk melakukan penetrasi, berbau tidak sedap atau sakit dalam jangka waktu lama yang menyebabkan dia tidak mampu melakukan hubungan suami istri dan bersenang-senang dengan pasangan, atau suaminya memiliki penyakit berbahaya dan menular atau sejenisnya.

6. Apabila suaminya tidak melaksanakan apa yang Allah wajibkan,  atau dia biasa saja  ketika melakukan dosa besar  dan hal yang haram seperti laki-laki yang kadang-kadang tidak melaksanakan shalat, atau dia meminum khamr, atau dia berzina, atau memakai narkoba dan yang semacamnya. Maushu'ah al-Fiqhi al-Islami 4/191

Bila keadaan tidak kondusif dan bisa membahayakan nyawa ibu mertua anda maka anda selayaknya melaporkan ini ke pihak berwajib supaya tidak terjadi hal-hal yang akan disesali belakangan oleh semua pihak.

Semoga Allah ta'ala memberikan hidayah kepada Bapak dan Ibu mertua anda serta memberikan kehidpuan rumah tangga yang dipenuhi skinah, mawaddah dan rahmah. Wallahu ta'ala a'lam   

 

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com