SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pengajian Bermacam-Macam Ustadz


Ikhwan (padangsidimpuan)
2 years ago on Fiqih

ada suatu pengajian atau yayasan yg katanya sunnah membuat pengajian rutin tiap hari ahad ditiap pekannya temanya beda ahad 1 riyadussolihin oleh ustadz A ahad 2 tafsir oleh ustadz B ahad 3 kitab imam ahmad oleh ustadz C ahad 3 tajwid ustadz D dari Ke 4 ustadz ini cuma 1 ustadz yg memang bermanhaj salaf..yg tiganya lagi karena memang banyak jamaahnya/terkenal didaerah itu. tidak tau apa tujuan panitia pengajian ini sebenarnya! bagaimana pandangan ustadz tentang pengajian ini? apakah boleh untuk di ikuti?
Redaksi salamdakwah.com
2 years ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda kepada salamdakwah.com. Semoga Allah ta'ala selalu menjaga anda dan keluarga.

Apabila masih ada ustadz-ustadz  lain yang bermanhaj bagus di daerah situ dan juga menguasai ilmu yang dikuasai oleh ustadz-ustadz yang manhajnya belum sesuai maka seharusnya mengambil ilmu dari ustadz-ustadz yang manhajnya bagus. Namun tetap dibolehkan bagi anda untuk menghadiri kajian rutin tadi saat giliran ustadz yang manhajnya bagus itu tiba.

Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimin rahimahullah menerangkan

 

أما بالنسبة لعموم الناس فإننا نقول لهم: الواجب أن تنظروا إلى العلم؛ لأن العلم هو الأصل.
وأما القدرة على التأثير وعلى الدعوة فهذا باب آخر، فكم من إنسانٍ جاهلٍ في ميزان أهل العلم بالشريعة، لكن عنده قوة تأثير حينما يتكلم بوعظٍ أو ما أشبه ذلك، فالواجب على الإنسان ألا يأخذ
دينه إلا ممن هو أهل للأخذ منه، كما قال بعض السلف: (إن هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم


Adapun untuk orang awam, kami katakan kepada mereka: Wajib atas anda sekalian untuk melihat kepada ilmu seseorang karena ilmu itu sebagai dasar. Adapun kemampuan seseorang dalam memberikan pengaruh dan berdakwah maka ini adalah masalah lain. Betapa banyak orang yang tidak memiliki ilmu (dalam timbangan ahli ilmu syar'i) namun ia pandai dalam memberikan pengaruh ketika dia memberikan nasehat atau yang semisalnya. Seseorang wajib untuk tidak mengambil ilmu agamanya kecuali dari orang yang memang memiliki kecakapan (keahlian) untuk diambil ilmu darinya. Sebagian Ulama' salaf berkata:
Ilmu ini adalah termasuk agama maka perhatikanlah dari mana kalian mengambil agama kalian. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 26/309

 Wallahu ta'ala a'lam

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com