SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

apa yang harus lakukan


Akhwat (depok)
3 years ago on Fiqih

Assalamua'laykum ustad Alhamdulillah saya sudah sedikit mengerti tentang bid'ah semacam tahlilan dan lain lain...tetapi suami saya belum. Masih suka mengikuti acara- acara bid'ah..dikampung kami ada tradisi setiap malem jumat kumpul yasinan dan suami saya sering mengikuti acara yasinan..dan jumat besok suami saya dapat giliran menyelenggarakan acara tesebut dan memberi makanan . sementara hati saya menolak terus kalau saya kasih tau dan saya tidak mau takutnya dia marah . Apa yang harus saya lakukan ustad ?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Rajinnya suami anda mengikuti kegiatan itu bisa jadi merupakan tanda cintanya kepada Islam. Sebagai istri yang cinta kepada suami seharusnya anda mengarahkannya ke sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan metode yang tepat dan dengan memilih waktu dan momen yang tepat kala menyampaikan masukan. Ajaklah dia mengikuti kajian-kajian asatidzah yang anda perhatikan sesuai dengan karakter suami anda.

Apabila anda terus diam dan tidak menyampaikan kebenaran maka dikhawatirkan anda menyelisihi hadits Nabi berikut:


مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ.أخرجه مسلم كتاب الإيمان,بَابُ بَيَانِ كَوْنِ النَّهْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ مِنَ الْإِيمَانِ، وَأَنَّ الْإِيمَانَ يَزِيدُ وَيَنْقُصُ، وَأَنَّ الْأَمْرَ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْيَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاجِبَان, رقم 49


Barang siapa melihat suatu kemungkaran, maka ubahlah dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka ubahlah dengan lisannya. Jika tidak mampu, maka ubahlah dengan hatinya. Dan itu adalah selemah-lemahnya iman.

Silahkan melihat pembahasan sebelumnya terkait metode menasehati suami di link berikut http://www.salamdakwah.com/pertanyaan/5039-menasehati-suami

Apabila anda diam dan bahkan anda ikut membantu pelaksanaan acara yang menyelisihi sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam maka anda bisa termasuk orang yang melanggar firman Allah ta'ala  dalam surat al-Maidah ayat 2:


وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ 


Dan tolong-menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah kalian tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kalian kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.

Idealnya, minimal yang terjadi adalah apabila anda sudah menyampaikan kemudian suami belum berkenan menerima nya maka anda tidak ikut dalam membantu kegiatan yang menyelisihi sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Kami mendoakan semoga Allah ta'ala memudahkan anda dalam mengajak suami anda kepada kebaikan.

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com