SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Taubat dari Tabrak Lari


Ikhwan (Bandung)
4 months ago on Ibadah

Assalamu ‘alaikum saya pernah melakukan tabrak lari sewaktu masa kuliah dan pada saat itu saya melarikan diri karena ketakutan, sekarang saat saya sudah mengenal sunnah saya ingin sekali meminta maaf kepada orang yg saya tabrak. tapi kondisi nya saya tidak mengetahui orang itu berada dimana. apa yang harus saya lakukan sekarang ? mohon nasehatnya. Wassalamu ‘alaikum
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya: Saya pernah meluncur di jalan tol yang masih dalam perawatan dan ternyata seorang pengendara sepeda motor tepat berada di depan saya, sehingga saya menabraknya dari belakang tanpa sengaja. Namun, saya tetap melanjutkan perjalanan tanpa berhenti. Saat itu saya bersama dengan anak-anak bibi saya di dalam mobil. Mereka menyarankan untuk berhenti, namun saya menolak. Perlu diketahui bahwa peristiwa ini terjadi delapan tahun silam. Apa saran Anda untuk saya? Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

Mereka menjawab: Anda wajib menghadap polisi lalu lintas dan menceritakan kejadiannya, agar mereka bisa mencari orang yang telah Anda tabrak jika dia masih hidup, atau mencari ahli warisnya jika dia sudah wafat. Anda juga harus menunaikan kewajiban Anda sebagai konsekuensi dari peristiwa tabrakan ini (membayar diyat), kecuali jika pihak korban merelakan Anda.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Bakar Abu Zaid selaku Anggota
Shalih al-Fawzan selaku Anggota
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota
Abdul Aziz Alu al-Syaikh selaku Wakil Ketua
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Pertanyaan Pertama dari Fatwa 21/230 Nomor 18390

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com