SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum pembagian warisan perempuan dan laki-laki


Akhwat (Jakarta)
2 months ago on Keluarga

Assalamualaikum pak ustad ,sy ingin tanya bapak sy mempunyai 4 saudara yg ke empat kakaknya perempuan,hanya Bpk sy saja laki'.7th lalu bapak saya butuh uang dan diberikan oleh kakak no 3nya sebesar 7juta dan dibilang kalau itu warisan.sedangkan pd saat itu belum ada pembagian warisan secara sah.dan pada tahun ini ada pembagian warisan,tetapi bapak saya tidak diikutsertakan pada saat pembagian, dan bapak saya pun tidak tau berapa banyak pembagiannya,seperti apa pembagian hukum islamnya.Kaka bapak saya yg memberikan uang 7jt itu bilang katanya bapak saya sudah dikasih 7jt dan itu di claim sbg warisan.sdngkan pd saat itu blm ada pembagian secara sah,dan besaran tanahnya pun besar sekitar kurang lebih 500m.dan jg kakak Bpk saya yg satu nya sudah membangun rumah saja tanpa pemberitahuan k bpk saya.dan bpk sy tdk di kasihtau apapun.kalau begitu kasusnya yang benar secara hukum islam pembagian nya bagaimana ya pak ustad?dan yg uang 7jt yg Bpk sy terima dr kakaknya apa bisa itu diclaim sbg warisan?padahal pd saat itu blm ada pembagian secara sah.dan yang sebenarnya pembagian warisan haknya perempuan dan haknyalaki-laki seperti apa? Sy mohon jawabannya,terimakasih pak ustad Was sam aku alaikum Wrb.
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu

Masalah persengketaan semacam ini lebih tepatnya dibawa ke pemgadilan setempat supaya dilihat dari banyak sisi, didengar dari berbagai pihak dan dilihat dari bukti serta saksi yang ada.

Secara Umum bisa dikatakan bila tidak ada ahli waris selain ayah anda dan saudari-saudarinya maka seluruh warisan dibagi enam bagian. Ayah anda memperoleh dua bagian dan saudafi-saudarinya memperoleh satu bagian. Ini berdasarkan firman Allah ta'ala di surat an-Nisa' ayat 11


يوصيكُمُ الله في أَولادِكُم ۖ لِلذَّكَرِ مِثلُ حَظِّ الأُنثَيَينِ ۚ


Allah mensyari'atkan bagi kalian tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anak kalian. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan. An-Nisa' ayat 11

Sekarang  perlu melihat kembali ke belakang untuk fakta pemberian uang 7 juta itu. Apabila  setelah dihitung kala itu  oleh orang yang ahli  bahwa bagian tanah dari ayah anda bila dinilai dengan uang pada masa itu senilai 7 juta maka ayah anda sudah menerima bagiannya. Baik itu dengan akad bagian tanahnya dibeli oleh salah satu saudarinya dan ayah anda setuju (meski  saudari yang lain belum diberi) atau pembagian semuanya oleh ahli dengan pengetahuan seluruh ahli waris. 

Apabila uang 7 juta itu adalah nominal pembayaran untuk sebagian tanah jatah ayah anda  (harga tanah sesuai jaman itu) maka ayah anda masih berhak menerima sisa tanahnya sekarang saat pembagian  dengan harga sekarang. Misalnya uang 7 juta di zaman itu merupakan harga seperempat dari jatah ayah anda masa itu maka berarti ayah anda masih berhak memperoleh tiga perempat tanahnya sekarang dengan harga tanah yang sekarang bila diuangkan.

Perlu diketahui bahwa selayaknya persengketaan yang demikian perlu dilihat dari seluruh sisi, dan yang bisa melakukannya dengan baik adalah pengadilan setempat insyaAllah bila para pengurusnya adalah orang orang yang berilmu dan adil.

Wallahu ta'ala a'lam

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com