SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Melempar Al-Qur'an Saat Depresi? Obat dan Doa Saat Sedih?


Ikhwan (Jayapura )
1 week ago on Aqidah

Assalamualaikum, sy wanita 28 tahun tengah mengalami depresi berat, suatu hari sehabis shalat ketika hendak membaca alquran, tiba-tiba sy merasa sangat stress dan tanpa sengaja melempar alquran.. apa hukumnya atas tindakan yg sy lakukan..
Redaksi salamdakwah.com
6 days ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Wsajib untuk menghormati Mushaf dan tidak merendahkannya. Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi menerangkan," Wajib menghormati setiap benda yang di sana tertulis bismillahirrahmanirrahim atau apa saja yang mengandung ayat Al-Quran dan hadits berdasarkan firman Allah Ta'ala,

{وَمَنْ يُعَظِّمْ حُرُمَاتِ اللَّهِ فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ عِنْدَ رَبِّهِ}

Dan barangsiapa mengagungkan apa-apa yang terhormat di sisi Allah maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya.

Yang dimaksud dengan al hurumat adalah mentaati perintah-Nya, baik yang wajib maupun yang sunnah. Di antara perintah yang wajib ialah menghormati Kitab-Nya dan Sunnah Rasulullah. Kalimat bismillahirrahmanirrahim adalah potongan ayat Al-Quran di Surat An Naml sesuai dengan konsensus ulama.

 Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi
Abdullah bin Qu'ud selaku anggota
Abdullah bin Ghadyan selaku anggota
Abdurrazzaq Afifi selaku wakil ketua
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 4/67 Fatwa no.2779

Melempar al- Qur'an dengan sengaja dalam keadaan sadar bila itu dimaksudkan kebencian terhadap firman Allah ta'ala atau merendahkannya maka ini bisa mengakibatkan kekufuran. 

Apabila anda ketika melakukan itu dalam keadaan tidak tidak sadar dan tidak faham apa yang dilakukan maka insya Allah tidak ada konsekwensi hukumnya. Namun selayaknya bila anda dalam keadaan sedih dan gundah anda memperbanyak dzikir kepada Allah ta'ala dan meresapi makna dzikir itu mengingat itu akan menenangkan hati dengan izin Allah ta'ala. Dalam surat ar-Ra'd ayat 28 Allah berfirman,"

ألَا بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ القُلُوْب

"Ingat bahwa dengan mengingat Allah hati menjadi tenang"

Berdoalah dengan doa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam supaya Allah menghilangkan kesedihan mendalam. Diantara doa tersebut adalah:
Do'a yang pertama diriwayatkan oleh imam Ahmad dalam musnadnya (4318) :

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي.

“Wahai Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu yang laki-laki dan perempuan, ubun-ubunku dalam genggaman tangan-Mu, telah tetap hukum-Mu terhadapku, sungguh adil ketentuan (takdir)-Mu atasku. Aku memohon kepada-Mu dengan (wasilah) Nama-Nama-Mu, yang Engkau namakan diri-Mu dengannya, atau yang telah Engkau ajarkan kepada salah seorang hamba-Mu, atau yang telah Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau rahasiakan di dalam ilmu ghaib di sisi-Mu; agar sudi kiranya Engkau jadikan al-Qur-an sebagai “hujan musim semi” dalam hatiku, cahaya di dadaku, penghilang kesedihanku dan kesusahanku.”

Do'a yang kedua diriwayatkan oleh imam Bukhari di kitab shahih beliau no.2893:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari (bahaya) rasa gundah gulana dan kesedihan, (rasa) lemah dan malas, (rasa) bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penguasaan orang lain.”

Semoga Allah ta'ala memberikan anda jalan keluar untuk masalah anda dan menjauhkan anda dari depresi.

Wallahu ta'ala a'lam

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com