SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Orang Yang Sakit Menerima Zakat?


Ikhwan (Jakarta Selatan)
2 months ago on Ibadah

Assalamualaikum Ustadz......, Ditempat saya ada seorang ibu (ditinggal mati oleh suaminya) yang biasanya selalu mengajarkan membaca Al-Quran kepada warga (yg biasanya ibu-ibu juga), sudah beberapa tahun belakangan ini beliau diberikan oleh Alloh ujian berupa sakit kanker yang berkepanjangan sampai menggerogoti tubuhnya hingga beliau kurus kering dan tidak dapat bangun dan beraktifitas seperti sebelumnya. Atas sakitnya itu, otomatis kegiatan pengajaran kepada warga terhenti. Yang ingin saya tanyakan tadz... apakah boleh saya menyalurkan zakat kepada beliau, mengingat saya memiliki kewajiban zakat mal yang harus ditunaikan. Apakah alasan saya masuk dalam ketentuan seperti yang tertuang dalam QS: At-taubah ayat 60, bilamana saya mengambil "pintu" Fii Sabilillah, atau adakah alasan lain bila Fii Sabilillah tidak tepat mengingat ada beberapa "pintu" lain bila saya menggunakan "gerbang" zakat. Ataukah bilamana hanya dapat dilewati melalui "gerbang" sedekah atau infak. Dasar pertimbangan saya, menggunakan fii sabilillah adalah, kemungkinan bila Alloh menghendaki beliau sehat, beliau dapat kembali memberikan pengajaran kepada warga. Saya mohon maaf atas pertanyaan yang kurang berbobot ini, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih semoga Alloh merahmati. Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarakatuh. -Pembelajar-
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya kepada salamdakwah.com. Apabila ibu tersebut sudah tidak mampu lagi berobat karena terbatasnya dana atau dia tidak mampu mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan dasarnya karena sakit maka boleh diberi zakat. Ini tidak dikhususkan bagi para pengajar ilmu agama saja. Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Aab Saudi pernah ditanya," Anak saya menderita sakit bengkak besar di sekitar punggungnya dan saya tidak menemukan rumah sakit spesialis penyakit tersebut di Arab Saudi. Saya telah meminta bantuan kepada banyak pihak dengan harapan ada orang yang membantu biaya pengobatan di luar Arab Saudi, tetapi tidak ada hasil, sehingga saya berfikir untuk meminjam kepada salah satu bank dengan sistem bunga agar saya bisa membiayai pengobatan putri saya. Namun, saya urungkan niat meminjam di bank ketika saya tahu bahwa meminjam dengan sistem bunga adalah haram sedangkan saya tidak memiliki harta sedikit pun untuk membiayai pengobatannya yang sakitnya semakin hari bertambah parah. Saya juga tidak mungkin membawanya berobat ke rumah sakit spesialis penyakit tersebut di luar Arabi Saudi karena saya tidak memiliki dana untuk itu.

1 - Bolehkah saya meminta kepada orang-orang kaya zakat harta mereka sekadar untuk menyukupi biaya pengobatan?
2 - Jika meminta zakat kepada orang-orang kaya untuk biaya pengobatan tersebut tidak diperbolehkan, apakah saya berdosa jika tidak membawanya untuk berobat, padahal saya mengetahui ada rumah sakit spesialis di luar Arab Saudi, tetapi saya tidak mungkin membawanya keluar untuk berobat karena saya tidak memiliki dana."

Mereka menjawab: Jika ada orang yang meminjami Anda uang tanpa bunga untuk biaya pengobatan putri Anda, maka hendaknya Anda meminjamnya. Namun, jika tidak ada orang yang meminjami dan Anda tidak mampu membiayai pengobatan putri Anda, maka Anda boleh meminta zakat sekadar mencukupi biaya pengobatannya. Semoga Allah memberinya kesembuhan dan membalas Anda dengan pahala.

Anda juga tidak berdosa jika Anda tidak membawanya untuk berobat karena berobat tidak diwajibkan dalam syariat Islam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Bakar Abu Zaid selaku Anggota    
Shalih al-Fawzan selaku Anggota    
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota    
Abdul Aziz bin Abdillah Alu asy-Syaikh selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 8/395-396 Fatwa nomor 21048

Semoga Allah ta'ala memberikan kesembuhan segera untuk ibu tersebut dan seluruh kaum muslimin yang sakit

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com