SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Meminum darah ular


Ikhwan (Jakarta)
3 years ago on Fiqih

Assalamu'alaikum ustadz saya mau bertanya,, Kalo kita meminum darah ular untuk obat itu haram atau tidak??
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Tidak boleh meminum darah Ular sebagai obat mengingat berobat dengan ular adalah haram, terlebih meminum darah juga haram. Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa arab Saudi pernah ditanya: Ada orang yang menggunakan ular sebagai obat dan mengira itu diperbolehkan karena kondisi darurat. Caranya, dia memegang ular tersebut dan meletakkannya dalam kondisi hidup di sebuah periuk berisikan minyak, lalu periuk tersebut dimasak di atas api. Setelah itu barulah minyak yang dimasak bersama ular tersebut dipakai sebagai obat. Ukuran yang dipakainya itu bisa sedikit memabukkan. Apakah minyak seperti itu boleh dipakai sebagai obat jika ternyata terbukti bermanfaat untuk orang yang sakit? Apakah boleh meletakkan ular dalam minyak lalu dimasak di atas api?

Jawaban 1: Pertama, tidak boleh meletakkan hewan yang hidup ke dalam cairan yang sedang dimasak karena hal itu sama dengan menyiksanya yang sudah dilarang oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sabdanya "Jika kalian membunuh maka membunuhlah secara baik-baik". Hadis.

Kedua, tidak boleh berobat dengan menggunakan ular dan minyak yang dimasak bersama ular tersebut karena ular tidak boleh dimakan berdasarkan pendapat ulama yang terkuat dan bangkainya pun dianggap najis. Selain itu, berobat dengan benda yang haram hukumnya juga haram.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua    
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 25/26 Pertanyaan Pertama dari Fatwa Nomor6990

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com