SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dipaksa Rujuk Oleh Ortu


Akhwat (makassar)
3 years ago on Keluarga

assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh pak ustadz. saya ingin minta pendapat pak ustadz, saya sudah menikah 2tahun lebih selama pernikahan itu saya tidak bahagia karena suami saya malu menunjukkan saya ke teman-temannya karena dia bilang saya jelek dan kampungan. dia juga sering menghina serta tidak pernah menafkahi saya justru saya di tuntut membantu dia untuk memenuhi kebutuhan rumah tapi dia tidak memperbolehkan saya kerja..dia bilang saya haris punya usaha di rumah tapi tidak pernah di modali dan di tuntut haru memiliki penghasilan yang banyak. padahal kalau dia mau bekerja dia bisa menghasilkan hingga puluhan juta perbulan. tapi dia sangat malas untuk bekerja. kadang-kadang saja dia mau bekerja. bahkan pernah setahun lebih dia tidak bekerja sampai orang tua saya yang memberikan saya uang untuk kebutuhan kami berdua. karena tidak tahan karena akhir-akhir ini dia sering memukul saya untuk alasan yang sangat sepele akhirnya saya kabur dan pulang kerumah orang tua saya yang beda kota dengan kami. saat disana saya memutuskan untuk bercerai, awalnya orang tua saya setuju karena tau perlakuan suami saya. tapi entah apa tiba saat saya baru bangun tidur orang tua saya suruh saya kembali sama suami saya, saya yang tidak tau apa-apa menolak namun saya di pukul oleh ayah saya dan akhirnya saya menurut, setelah situasi mulai reda orang tua bilang sabar saja sifat itu bisa di rubah dan suami saya juga sudah berjanji untuk tidak seperti itu. namun setelah saya kembali tidak ada yang berubah, terlebih suami saya tidak pernah sholat apalagi puasa. untuk saat ini saya masih bersabar tapi yang saya sesalkan adalah saya sangat ingin lebaran nanti sama orang tua saya tapi orang tua saya melarang saya untuk datang jika tidak sama suami sedangkan suami saya tidak mau ikut dan memperbolehkan saya kesana sendiri saja. tapi orang tua saya tetap melarang karena malu sama tetangga karena baru-baru ini saya sudah kesana. hal tersebut membuat saya membenci orang tua saya. apakah saya berdosa dalam hal ini? dan apa yang harus saya lakukan?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Apabila faktanya seperti yang anda sampaikan maka sungguh kami merasa bersedih dengan keadaan anda dan kami mendoakan anda semoga Allah ta'ala memberikan anda balasan terbaik untuk kesabaran anda selama ini dan semoga Allah ta'ala memberikan jalan terbaik bagi anda.

Cobalah memberi nasehat ke suami tentang kewajiban yang harus dia pikul dan kewajiban untuk bermuamalah dengan baik kepada istri. Bisa juga anda meminta Ulama setempat atau orang yang didengar oleh suami anda petuahnya untuk menasehati dia terkait kewajiban suami dalam rumah tangga. Apabila setelah itu dia tidak mau berubah dan kembali kepada perbuatan buruknya yang lama maka anda boleh mengajukan cerai ke pengadilan agama setempat mengingat ada perbuatan-perbuatan suami yang sudah keterlaluan. Syaikh Muhammad bin Ibrohim at-Tuwaijiri menerangkan diantara sebab yang dengannya seorang wanita boleh meminta talak dari suaminya:

1. Apabila suami lalai dalam memberi nafkah

2. Jika suami menimbulkan mudhorot untuk istri yang karenanya menjadikan hubungan suami istri tidak bisa berlangsung seperti selalu mencelanya, memukulnya, menyakitinya dan istri tidak mampu menahannya atau memaksanya berbuat mungkar atau semacamnya.

3. Bila istri terkena mudharat karena tidak hadirnya suami dan ia pun khawatir terkena fitnah karena itu.

4. Jika suaminya ditahan untuk waktu yang lama dan istri merasa terkena mudharat karena terpisah dengannya

5. Bila wanita mendapati ada aib yang berat seperti mandul, tidak mampu untuk melakukan penetrasi, berbau tidak sedap atau sakit dalam jangka waktu lama yang menyebabkan dia tidak mampu melakukan hubungan suami istri dan bersenang-senang dengan pasangan, atau suaminya memiliki penyakit berbahaya dan menular atau sejenisnya.

6. Apabila suaminya tidak melaksanakan apa yang Allah wajibkan,  atau dia biasa saja  ketika melakukan dosa besar  dan hal yang haram seperti laki-laki yang kadang-kadang tidak melaksanakan shalat, atau dia meminum khamr, atau dia berzina, atau memakai narkoba dan yang semacamnya. Maushu'ah al-Fiqhi al-Islami 4/191

Perintah orang tua anda tidak harus ditaati bila memang ada mudharat besar yang akan menimpa anda bila anda hidup terus bersama suami seperti pukulan-pukulan yang akan membahayakan anda.

Wallahu ta'ala a'lam  

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com