SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Batal Menikah


Akhwat (Padang)
2 years ago on Keluarga

Assalamu'alaikum ustad.. Saya telah di khitbah seorang pria. Dan kedua keluarga telah sepakat menikah pada hari tertentu. Di tengah perjalanan, keluarga pihak perempuan mengajukan permohonan ke pihak lelaki untuk memajukan tanggal pernikahan. Tetapi pihak lelaki mengatakan tidak boleh merubah tanggal pernikahan, dan kalau tetap dimajukan, orang tua laki2 tidak akan datang ke pernikahan. Sebagai calon perempuan yang akan menikah saya merasa kecewa dengan keputusan orang tua lelaki tersebut. Dan berusaha mengatakan kepada calon lelaki bahwa penentuan tanggal menikah tidak disyariatkan khusus di dalam Islam, serta meminta calon laki2 meyakinkan orang tuanya untuk tidak mempermasalahkan masalah tanggal tersebut. Tapi calon lelaki mengatakan tidak mau melawan orang tuanya. Dan batallah rencana pernikahan kami. Apa yang sebaiknya saya lakukan disaat saya tahu penyebab batalnya pernikahan bukan karena alasan syar'i dan setahu saya calon laki2 itu sholeh ? Apakah saya harus melaksanakan shalat istikarah kembali? Untuk mengetahui betul2 meninggalkan pernikahan ini baik untuk saya atau tidak, disaat saya tahu calon laki laki itu sholeh. Jazakallah khairan katsiran ustad..
Redaksi salamdakwah.com
2 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan penanya ke situs salamdakwah.com. Semoga Allah ta'ala selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat.

Kami belum memahami dengan jelas alasan orang tua laki-laki yang mempertahankan pendapatnya dalam menentukan tanggal tersebut. Apabila alasannya tidak melanggar syariat maka tidak layak untuk dipermasalahkan, misalnya undangan sudah terlanjur disebar dengan tanggal pernikahan yang telah disepakati atau keluarga mereka mayoritas bisa hadir saat tanggal yang telah disepakati. Hukum asalnya keluarga laki-laki tidak apa-apa menolak permintaan perubahan tanggal mengingat itu sudah disepakati dan disetujui oleh keluarga anda sebelumnya.

Apabila sudah dibatalkan pernikahannya dan tidak ada kemungkinan untuk negosiasi ulang maka anda bisa melakukan istikhoroh lagi bila sudah ada calon lainnya. Semoga Allah ta'ala memberikan anda pasangan yang terbaik untuk urusan dunia dan akhirat anda.

Wallahu ta'ala a'lam

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com