SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bolehkah menikah dengan lelaki yang masih ada hubungan keluarga


Akhwat (Jakarta)
7 months ago on Keluarga

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh... Ustad sy ingin bertanya, bolehkah menikah dgn lelaki yg masih ada hubungan kekeluargaan? lelaki ini adalah anak dari adik laki2 kakek saya. Ibu sya menentang hubungan kami krn menurut beliau haram hukumnya. Sya mohon utk diberikan jawaban nya ustad krn kamj sudah terlanjur menjalani hubungan yg serius dan berencana ingin menikah. Terima kasih :)
Redaksi salamdakwah.com
7 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Hukum asalnya boleh demikian karena laki-laki itu bukanlah mahram anda. Keadaan ini mirip (meski tidak sama persis) dengan keadaan pernikahan antara Fatimah binti Muhammad dengan Ali bin Abu Thalib. Berikut ini gambaran sederhananya:

Abdullah            ↔            Abu Thalib

        ↓                                          ↓

Muhammad                                Ali

        ↓

Fatimah

Abdullah adalah saudara dari Abu Thalib.

Apabila anda memiliki hubungan spesial dengan laki-laki tersebut sebelum pernikahan maka harus disudahi karena ini termasuk hubungan terlarang. Silahkan melihat jawaban sebelumnya di link http://www.salamdakwah.com/pertanyaan/6396-orang-tua-tidak-merestui-pernikahan-dengan-pacar-karena-suku-yang-berbeda

Apabila anda dan laki-laki itu telah bertaubat dari hubungan pacaran ini maka anda bisa meminta restu wali anda untuk menikahkan anda dengan laki-laki itu. Jelaskanlah dengan cara yang bijak kepada wali anda bahwa pernikahan semacam itu tidaklah melanggar agama. Ini bila yang dipermasalahkan adalah masalah hubungan kekeluargaan semacam itu. Semoga Allah ta'ala mudahkan kita untuk memperoleh ilmu agama dan memudahkan kita untuk menjalankan dan mendakwahkannya.

Wallahu ta'ala a'lam

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com