SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menikah Dengan Muallaf


Akhwat (Malang)
3 years ago on Keluarga

Assalamu'alaikum ustadz, mohon pencerahannya, dalam memilih calon suami disyariatkan yang baik akhlak dan agamanya. Seandainya ada seorang Ikhwan yang berniat menikahi seorang akhwat, dimana Ikhwan kebetulan seorang mualaf, yang sedang berusaha memperbaiki agamanya, apakah si akhwat boleh menerima pinangannya? Ikhwan mengatakan sanggup untuk menafkahi lahir batin, untuk akhlaknya insyaallah baik. Jazaakillahu khairan katsiran
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila fokus kita pada boleh dan tidaknya menikah dengan laki-laki yang baru masuk Islam maka jawabannya adalah boleh bila memang dia terbukti  masuk Islam sungguh-sungguh dan didasari keikhlasan. Silahkan menyimak pertanyaan yang ditujukan kepada Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi berikut untuk lebih jelasnya: Apakah saya boleh menikah dengan lelaki yang sebelumnya bukan Muslim, akan tetapi dia telah memeluk Islam dan sayalah penyebabnya. Namun Allahlah yang memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki, sedangkan saya tidak memberi petunjuk kepada siapapun. Dia juga menegaskan bahwa seandainya dia tidak menjadi suami saya, maka dia tetap akan menjadi seorang Muslim dan tidak akan menjadi Kristen kembali. Apakah saya boleh menikah dengannya? Dan apa yang harus saya lakukan sebelum menjalin ikatan dengannya jika hal ini dibolehkan?

Mereka menjawab:

Pertama: Kami panjatkan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala karena telah memberi taufik kepada Anda untuk berpegang teguh kepada agama-Nya, menjaga rasa malu dan menjaga kehormatan Anda.

Kedua: Tidak apa-apa menikah dengan lelaki yang Anda sebutkan, jika terbukti dia masuk Islam karena rasa senang dan murni keinginannya, dan kejujurannya dalam hal itu benar-benar diketahui karena tidak adanya faktor yang menghalanginya untuk tidak jujur. Dan hendaknya pernikahan Anda dengannya melalui wali Anda yang diakui syariat dan Muslim, atau orang-orang setelahnya yang terdekat dan demikian seterusnya. Semoga Allah memudahkan urusan Anda dan urusan setiap Muslim.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.
Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Bakr Abu Zaid selaku Anggota    
Abdul Aziz Alu asy-Syaikh selaku Anggota    
Shalih al-Fawzan selaku Anggota    
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota    
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 18/289 Fatwa Nomor:17908                   

Kami tekankan kepada wanita yang akan dinikahi oleh Muallaf tersebut untuk menyelidiki personality laki-laki tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga wanita itu mendapatkan gambaran yang utuh tentangnya. Semoga Allah ta'ala mudahkan para wanita  untuk mendapatkan pasangan hidup yang sholeh yang akan menjadi wasilah kebahagiaan dunia dan akhirat.

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com