SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tinggal Serumah Setelah Cerai


Akhwat (jakarta)
3 years ago on Keluarga

assalamualaikum ustad saya mau bertanya. jadi awal crita begini,orang tua saya sudah bercerai tpi mereka msih tinggal bersama selama ini. di samping itu sebenarnya ibu sya sudah menikah siri dngan orang lain,tpi tidak tinggal bersama dan sudah 4 bulan ini tidak pernah komunikasi dan sudah tidak di nafkahi lahir dan batin.sementara itu ibu &bapak kandung sya yg sdah tinggal bersama selama ini berniat mau memperbaiki kehidupan dengan menikah lagi.bagaimana kah hukum pernikahan ibu dan bapak sya nanti.dan bagaimanakah sebenarnya status ibu sya apakah itu sudah otomatis bercerai dengan ayah tiri saya atau belum,dan bolehkah ibu dan ayah kandung sya menikah lagi?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila faktanya ayah dan ibu anda telah resmi berpisah dan tidak ada ikatan pernikahan lagi di antara keduanya maka mereka seharusnya tidak boleh tinggal serumah kecuali bila rumah itu dibagi dua sehingga keduanya bisa beraktifitas sendiri-sendiri tanpa harus terjadi khalwat dan membuka aurat dihadapan lawan jenis yang tidak ada hubungan mahram atau pernikahan.

Ibnu Taimiyyah menerangkan," Wanita yang sudah ditalak tiga adalah wanita asing bagi mantan suami sebagaimana wanita-wanita asing lainnya. laki-laki tersbut tidak boleh berkhalwat dengan wanita itu sebagaimana dia tidak boleh berkhalwat dengan wanita asing. Laki-laki itu juga tidak boleh melihat sesuatu dari mantan istrinya itu sebagaimana dia tidak melihat sesuatu yang tidak boleh dilihat dari wanita asing. Majmu' al-Fatawa 32/11
 

Oleh karena itu sebelum terjadi penikahan dengan ayah anda maka seharusnya ibu anda keluar dari rumah yang ada ayah anda atau sebaliknya kecuali bila rumah itu bisa dibagi dua fasilitasnya sehingga bisa hidup di satu rumah namun tanpa perlu terjadi khalwat dan hal terlarang lainnya.

Masalah kedua: apabila pernikahan ibu anda dengan laki-laki lain itu sah dan sebenarnya laki-laki itu masih bisa dihubungi maka ibu anda perlu menghubunginya untuk meminta kejelasan status, apakah laki-laki itu menceraikannya atau masih menganggapnya sebagai istri

Wallahu ta'ala a'lam

 

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com