SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mengapa Nabi Adam Bukan Termasuk Rasul?


Ikhwan (Kalimantan Selatan)
3 years ago on Aqidah

Assalamualaikum ustadz, Saya pernah baca beda Rasul & Nabi itu bahwa kalau Rasul diutus dengan membawa syariat baru, sedangkan Nabi tidak membawa syariat baru tapi hanya ikut syariat Rasul sebelumnya. Lalu Bagaimana halnya dengan Nabi Adam mengapa tidak termasuk Rasul padahal sebelumnya tidak ada syariat baru? Jazakallah khairan ustadz.
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada perbedaan pendapat terkait pengertian Nabi dan Rasul, Ada pertanyaan yang ditujukan kepada Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi terkait perbrdaan antara Nabi dan Rasul: Apa perbedaan antara para nabi dan para rasul?

Mereka menjawab,"Nabi adalah orang yang mendapat wahyu dari Allah tentang suatu syariat tapi tidak diperintahkan untuk menyampaikannya. Adapun Rasul adalah orang yang mendapat wahyu dari Allah dengan suatu syariat dan diutus kepada manusia untuk menyampaikan syariat dan hukum yang diwahyukan kepadanya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota
Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 2/438 Pertanyaan Pertama dari Fatwa Nomor:14465

Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya tentang Rasul pertama," Jumlah para rasul adalah 313 orang. Yang pertama adalah Nuh dan yang terakhir adalah Muhammad ‘Alaihimus Shalatu was Salam. Apakah sebelum Nuh ada rasul atau tidak?


Mereka menjawab: Nuh adalah rasul pertama yang diutus kepada penduduk bumi setelah Adam, sebagaimana dinyatakan dalam hadits yang panjang tentang syafaat dalam kitab ash-Shahihain,

أن المؤمنين أتوا نوحا فقالوا أنت أول رسول أرسله الله إلى أهل الأرض، فاشفع إلى ربنا 

Sesungguhnya kaum mukminin mendatangi Nabi Nuh seraya berkata: "Engkau adalah rasul pertama yang diutus oleh Allah kepada penduduk bumi, maka mintakanlah syafaat kepada Tuhan kami". .


Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.
Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa

Abdullah bin Qu'ud selaku Anggota  
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota
Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua Komite
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 3/277 Pertanyaan Ketujuh dari Fatwa Nomor6147

 

Untuk memperjelas kami akan membawakan petikan slah satu hadits yang dimaksud oleh Ulama' Lajnah Daimah 


عَنْ أَنَسٍ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " يَجْمَعُ اللَّهُ المُؤْمِنِينَ يَوْمَ القِيَامَةِ كَذَلِكَ، فَيَقُولُونَ: لَوِ اسْتَشْفَعْنَا إِلَى رَبِّنَا حَتَّى يُرِيحَنَا مِنْ مَكَانِنَا هَذَا، فَيَأْتُونَ آدَمَ، فَيَقُولُونَ: يَا آدَمُ، أَمَا تَرَى النَّاسَ خَلَقَكَ اللَّهُ بِيَدِهِ، وَأَسْجَدَ لَكَ مَلاَئِكَتَهُ، وَعَلَّمَكَ أَسْمَاءَ كُلِّ شَيْءٍ، اشْفَعْ لَنَا إِلَى رَبِّنَا حَتَّى يُرِيحَنَا مِنْ مَكَانِنَا هَذَا، فَيَقُولُ: لَسْتُ هُنَاكَ، وَيَذْكُرُ لَهُمْ خَطِيئَتَهُ الَّتِي أَصَابَهَا، وَلَكِنِ ائْتُوا نُوحًا، فَإِنَّهُ أَوَّلُ رَسُولٍ بَعَثَهُ اللَّهُ إِلَى أَهْلِ الأَرْضِ


Dari Anas bin Malik adhiyallahu anhu, dia berkata, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda," Allah mengumpulkan kaum mukminin pada hari kiamat dan mereka berkata," alangkah baiknya bila kita meminta syafaat yang akan menyampaikan harapan kita ke Rabb kita sehingga sehingga Allah mengeluarkan kita dari tempat yang berat ini. Maka orang-orang mendatangi Adam dan berkata: Wahai Adam, tidakkah engkau tahu (bagaimana keadaan manusia). Allah telah menciptakanmu dengan TanganNya, dan Allah (memerintahkan) Malaikat bersujud kepadamu dan Allah mengajarkan kepadamu nama-nama segala sesuatu. Berilah syafaat kami kepada Rabb kami sehingga kami bisa bisa beristirahat dari tempat yang berat ini. Adam berkata: aku tidak berhak demikian, kemudian Adam menceritakan kesalahan dirinya. (Adam berkata): akan tetapi datanglah kepada Nuh, karena ia adalah Rasul pertama yang Allah utus kepada penduduk bumi. Maka orang-orang kemudian mendatangi Nuh….(H.R Bukhari no.7410 dan Muslim no.193 dan yang lainnya)

Dengan pengertian di atas tidak ada masalah dengan keterangan bahwa Nuh adalah Rasul pertama yang diutus di bumi

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com